20081206

Tips wkend yg hemat? Pindahkan Mall ke rumah!!

Mama, mana mungkin mindahin Mall ke rumah laaah ma!! Kenapa ga mungkin sayang? tanya aku balik.. " ya beda' lah mah..." hehehe. Iya emang benar anak gue banget sih da' beda'lah, Mall dengan rumah dalam segala hal, kalau sama ya gak bakalan lah tuh pertokoan dan Mall2 bermunculan kenceng di Jakarta seperti jamur dimusim hujan...Sekarang di daerah2 juga ikut trend "Mall maniak" nya ala ibu kota...dan rasanya gak wekend kalo ga ke Mall..weleeh..welleh gimana kok jadi up side down gini?

Kita tahu khan kalo ke Mall itu walau di rumah gak rencana beli apa2, apa iya bener kita bisa tahan kalo lihat ada tulisan besar " S-A-L-E" ( plus : TODAY Only) hehe. Paling gak masuk lihat2 dan kejebak! (dng senang hati, hehe). Kalo toh gak belanja, apa iya kalo kita ke Mall ga ngeluarin duit buat makan, transport, bensin, hayooo? hehe. Gak pandang bulu bagi yang single maupun dah berkeluarga pastilah ngeluarin ongkos bo'!

Lalu gimana donk mindahin Mall ke Rumah? Panggil Jin Botol? Gak bisa ma, si-Alladi-nya aja gak mau lha dia juga udah doyan Mall..(**#^@$&!!**). Nah, tanya deh diri kita sendiri, sebenarnya apa sih yg kita cari di Mall, selain barang2&makan? Salah satunya pasti ngejawab: Suasana yg lain. Gitu? Lha ya udah itu aja yg dipindahin ke rumah! Gitu aja kok repot ( dah lama gak denger gaya Gusdur). Caranya? Nih, ada beberapa tips :

1. Ketahui hobby anak, dan jadikan hari itu hari mereka full bisa mengekspresikan hobby-nya di rumah. Kalau perlu ikut ramaikan dan bikin kondusif dng kemeriahan makanan kesukaannya, jokes yg lucu, dekor yg agak lain, "kegilaan" dan perilaku kita yg dukung kegiatan sesuai hobby anak, apapun itu..( nonton fim, main musik, gambar, games, baca buku etc)

2. Jadikan hari itu hari curhat buat mereka. boleh mereka cerita apapun gak perlu dijudgmentatau dikasih nasehat apapun, pure dengerin mereka ( tapi mesti pure dan gak pretend, krn anak2 tahu kalo kita gak sepenuhnya buat mereka). Kalo perlu HP dan segala tools kita batasi , anggap aja kita kembali ke jaman sebelum ada HP. Bisa khan kalo kita mau... ( mam, preach for yourself! ..itu kata anak2ku hehehe)

3. Ada halaman dengan beberapa tanaman/pohon di rumah? Nah, bagi yang punya anak kecil bisa tuh eksplor ke taman rumah... Apa? halaman cuma sepetak? Gak soal, yg penting ada pot2 tanaman. Apa yg dilakukan? Perkenalkan anak dengan berbagai warna, bentuk, gradasi daun, bunga, batang maupun baunya..Misalnya lihat ada semut2 gak di sekitarnya, lalu ceritakan kisah bagaimana kerja keras sang semut, sambil menanamkan values yg baik dan berguna. Intinya tanaman dan rumah adalah sarana belajar yg sdh tersedia shg akan mudah dan murah..

4. Bagi yg agak gede dikit, coba arahkan dan ajak mereka baca koran bareng dan bahas bareng. Selain wawasan pengetahuan akan bertambah, mereka akan belajar realita yang ada serta lebih peka terhadap lingkungan sosial. Paling ga mereka akan tahu bahwa ada krisis, shg jd belajar prihatin , belajar menghargai barang yang ada, lebih bersyukur sehingga lebih mengerti untuk diajak bareng berhemat... Next, coba deh juga minta mereka kasih usul, pengalaman gue sering anak2 itu ( gak terbatas pada anak2ku saja) punya ide yg lebih kreatif, brilliant dan fresh di banding OTnya...mungkin karena kita udah kebrebekan dng banyak masalah ya hehehe

5. Semuanya masuk numplek di satu tempat tidur lalu ngobrol abis2an, dengerin musik asik abis2an, bahas apapun sambil ketawa abis2an, saling pijat memijat ngerawat satu sama lain mulai bersihin kuku, kuping, facial ala rumah (buat anak cewek)..gak usah ada pola dan waktu dilupain (kecuali tuk sholat/ibadah), untuk 1 hari itu aja..dijamin assik walau gak mandi (yuucckk..)

Selamat mencoba, kalo gak bisa ya coba rayu si Jin Botoll..

Salam sim salabim,

Maya






Tidak ada komentar: