20081206

Kolom Anak Bahagia: Ekspresikan kasih sayang


Penting banget menjaga kasih sayang dan kedekatan dengan anak –anak kita maupun antar mereka, sejak mereka bayi hingga remaja maupun mereka masuk dewasa muda…. Jangan pernah putus itu, apapun alasannya. Perlu dijaga terus. Lalu ada sanggahan, sebagai orang tua, pastilah kita semua sayang pada anak, dan kakak sayang dengan adiknya, gak perlu itu diingatkan udah otomatis…. Pertanyaannya apa benar dan apa konsiten? Sayang dan kedekatannya nya hanya di dalam hati atau juga diekspresikan ?

Sebuah penelitian yang tak diragukan lagi dari Miller& Grow (1995), mengatakan penting banget orang tua dan lingkngan untuk ( ini kata kuncinya) konsisten dan mengekspresikan kasih sayang sehingga si anak langsung bisa melihat dan merasakan betapa orang tua, saudara keluarga dan lingkungannya menyayangi dia. Sikap hangat, responsive, care, perhatian, didikan dari OT atau guru atau lingkungan yg diterimanya sejak kecil akan mempengaruhi dan membentuk kemantapan emosinya hingga dewasa. Itu karena kemantapan emosinya - dalam bahasa bisnis istilahnya udah "locked-in-"dah terbentuk (secured). Anak2 yg begini biasanya akan tumbuh menjadi anak yg lebih tenang secara emosi, menjadi anak yg penuh kasih sayang terhadap saudara, lebih mandiri, lebih bisa percaya diri pd diri dan ol, tidak cari perhatian2 ol yg gak perlu, dan besarnya akan menjadi anak dng self-driven yang relatif lebih kuat serta berani menghadapi masalah dari luar.

Jangka panjangnya, kemantapan emosi karena sentuhan kedekatan dan kasih sayang ini terbukti dapat menjadi faktor pelindung anak dari akibat bahaya stress, apapun faktor pencetusnya. Hebat yaaa…Kok bisa ? kaitannya dengan hormone stress lah- berpengaruh sebagai tameng keluarnya hormone stress (Gunnar, Broadersen, Nachmias, Buss ; Rigatuso, 1996). Ini penting banget karena kita tahulah bahwa dengan dunia yg semakin hiruk pikuk dan tantangan yg semakin tinggi dari luar, serba borderless, serba global, anak-anak kita akan terekspose oleh tingkat sress yg lebih tinggi, jauh lebih tinggi dibanding jaman kita maupun jaman ot kita yg dunia masih relatif makmur gemah ripah tenteram kerto raharjo.. hehehe ( ketauan orang jawa yg gak bisa bahasa jawa..hahaha)

Semoga dapat menjadi input dan bermanfaat

Salam ekspresikan kasih sayang,
Maya

Tidak ada komentar: