20081207

Marketing: How Do You Differentiate Yourself?


Ini pertanyaan kunci yang perlu dijawab dengan mantap sebelum kita bikin target maupun rencana kerja perusahaan. Nggak bakalan fokus deh sebuah perusahaan kalo udah berani bikin operational plan apalagi kalo udah jalan tanpa bisa ngejawab pertanyaan kunci di atas. Eh ada yg nyanggah, "tapi kenyataannya bisa jalan tuh?" hehe.. Ya, mungkin untuk short-term masih ok (kalau anda beruntung hehe) , tapi untuk exist sampai long-term jangan harap…kita akan perlu lebih cermat dan fokus supaya sustain…apalagi masa serba krisis bgini’..
Bisa aja dengan mudah kita sebut bahwa faktor pembeda kita adalah people or teknologi or service. Gampangkan.. Pertanyaannya, apa iya betul? Gmana kita tahu bahwa itu benar, dan apa justifikasinya? Apa kalo pesaing kita gak punya berarti bisa menjadi factor pembeda kita?

Nah waktu gue ikut program International Management Program (IMP) di MIT–Sloan, dari sekian buanyak bahan2 yang toopp semua ada satu yang menarik perhatian gue… Ada satu pembahasan yg menyertakan pertanyaan2 kunci yg menurut gue bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.
Sepintas pertanyaan2nya terkesan simple sih, tapi coba deh cek dan jawab pertanyaan2 tersebut dalam konteks bisnis di tempat kerja teman2. ..Gue udah nyoba sih..Benar2 sebuah intelektual analysis yang simple but powerful! Kuncinya, dia akan menjadi faktor pembeda yang kuat apabila kita menjawab yes pada semua pertanyaan. Mau coba? Nih list pertanyaannya :

Is it something that you own or control?
Does it differentiate you from your competitors?
Is the differentiation sustainable?
Does it contribute to satisfying customers?
Resources also act as entry barriers
(Duncan Sinester, 2008)

Selamat mencoba, semoga berguna

Salam tampil beda,

Maya



Tidak ada komentar: