20100214

Bekerja lah hingga letih




" Maka apabila engkau telah selesai maka (bekerjalah) hingga engkau letih dan hanya kepada Tuhanmu hendaknya engkau berharap " Surah asy-Syarh (94 : 7-8).

Apa maknanya? yang dituntut dari manusia hanyalah kesungguhan bekerja dibarengi dng harapan serta optimisme akan kehadiran bantuan Ilahi.

*Hmm betapa lembut dan indahnya Islam..*

Dalam surah yang sama persis sebelum ayat ini, menerangkan bahwa setiap kesulitan selalu disusul atau dibarengi oleh kemudahan. Kalau demikian, yang dituntut hanyalah kesungguhan bekerja dibarengi dengan harapan serta optimisme akan kehadiran bantuan Ilahi. Subhanallah.

Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Tafsir Al-Misbah (2007, vol 15) menjelaskan lebih detil lagi tentang makna dari ayat yg begitu indah ini:

" Maka apabila engkau telah selesai " yakni sedang berada di dalam keluangan setelah tadinya engkau sibuk, maka bekerjalah denga sungguh2 " hingga engkau letih " atau hingga tegak dan nyata suatu persoalan baru "dan hanya kepada Tuhanmu " saja - tidak kepada siapa pun selainNya- "hendaknya engkau berharap" dan berkeinginan penuh guna memperoleh bantuan-Nya dalam menghadapi setiap kesulitan serta melakukan suatu aktivitas.

Subhanallah ( * tears..tears...gue terharu abis..ya Rabb i love u full *

Yuk Mari Tua, Muda, perempuan, lelaki kita kerja keras dan cerdas, hingga letih. Juga para generasi muda bekerjalah dng giat dan semangat demi kemajuan diri sndiri dan bangsa kita. GO go go !!!

Moga memberi inspirasi dan manfaat

Salam work hard & smarter!
Maya

Tidak ada komentar: