20091224

Leadership Primer Lesson 3/18 @Gen Colin Powell




Lesson 3 : "Don't be buffaloed by experts and elites. Experts often
possess more data than judgment. Elites can become so
inbred that they produce hemophiliacs who bleed to death
Align Leftas soon as they are nicked by the real world."


Friends,

Banyak perusahaan besar karena sudah meng-gajah lalu "hanya" percaya begitu saja kpd konsultan dan expert dari luar, padahal yg lebih mengetahui persisnya adalah manajemen dan karyawan perusahaan itu sendiri. Gue yg pernah di konsultan dan di perusahaan bisa mengatakan bahwa kita memang membutuhkan jasa expertise atau pihak luar sebagai input. Tentu pengambilan keputusan tetap dilakukan oleh manajemen perusahaan itu dng mempertimbangkan segala judgment dan tdak sekedar data2 angka yg ditampilkan. Pengalaman gue, dilain pihak gue juga melihat bahwa " expert/pihak luar " akan diperlukan untuk memberi "ide segar dan yg berbeda" dng yg selama ini dipikirkan oleh menajemen.




Secara umum, inti dari Leadership lesson yg 3 ini adalah " kita sbg leader harus tetap "in charge" of everything yg menjadi tgg jwb kita , terutama berkaitan dng problem langsung di lapangan baik operasional dan dng customer- yg terkadang kita terlupa atau krn sdh perusahaan sudah dmkn berkembang besar.. lupa akan hal2 yg biasa kita lakukan saat masih start up or masih kecil spt sebelumnya...hehe ...Ternyata tetap ada prinsip2 kerja yg perlu kita teruskan dan terus diterapkan yang kemudian perlu di sesuaikan dng keadaan..




Simak deh:



Small companies and start-ups don't have the time for analytically detached experts. They don't have the money to subsidize lofty elites, either. The president answers the phone and drives the truck when necessary; everyone on the payroll visibly produces and contributes to bottom-line results or they're history. But as companies get bigger, they often forget who "brought them to the dance": things like all-hands involvement, egalitarianism, informality, market intimacy, daring, risk, speed, agility. Policies that emanate from ivory towers often have an adverse impact on the people out in the field who are fighting the wars or bringing in the revenues. Real leaders are vigilant, and combative, in the face of these trends.

Source : A Leadership Primer. General Colin Powell. Chairman (Ret), Joint Chiefs of Staff


Salam lesson 3,


Maya


Tidak ada komentar: