20091227

Puasa & Doa Asyuro @Ref Al Qur'an & Hadist




Aslm Saudara2ku sesama muslim,

‘Met tunaikan Puasa Sunnah 10 Muharram (Asyura) today. Yuk sama2 terus menyantuni anak yatim, pbanyak doa2 termsk doa mohon ampun nabi Adam a.s (Al’Araf : 23), pbanyak gembirakan keluarga, baik & sabar:). Smoga Allah SWT menghapus segala dosa, menghidupkan hati senantiasa dlm keimanan, tuk meraih ridho dan cinta-Nya semata. Amin3x YRA.

Berikut Referesi untuk teman2, semoga manfaat :

1. Anjuran Rasulullah
2. Doa mohon ampun Nabi Adam a.s (Surat Al Araf: 23)

1. Menurut Quraish Shihab, perayaan anak yatim yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram itu adalah untuk mengenang kematian Husein radhiyallahu ‘anhu dan keluarganya yang tewas pada perang Karbala. Dari peperangan itu menghasilkan banyak anak yatim. Peristiwa Karbala yang menewaskan Husein radhiyallahu ‘anhu terjadi pada 10 Muharram tahun 61 Hijriyah.

Pada dasarnya, Islam sangat memuliakan anak yatim. Semasa Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam masih hidup, anjuran untuk menyantuni anak yatim sudah disosia-lisasikan bahkan dipraktekkan sendiri. Artinya, anjuran dan praktek itu sudah ada jauh sebelum Husein radhiyallahu ‘anhu wafat. Sehingga pernyataan Quraish Shihab tersebut terkesan ahistoris, bila menyantuni anak yatim dikaitkan dengan kematian Husein radhiyallahu ‘anhu di Karbala.

Dalam salah satu hadits riwayat An-Nasa’i, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
9150 - عن أبي شريح الخزاعي قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : { اللَّهُمَّ إنِّي أُحَرِّجُ حَقَّ الضَّعِيفَيْنِ : حَقَّ الْيَتِيمِ وَ حَقَّ الْمَرْأَةِ } (سنن النسائي الكبرى - (ج 5 / ص 363)

Ya Allah sungguh saya mengharamkan (penyia-nyiaan) hak dua macam manusia yang lemah yaitu: hak anak yatim dan hak wanita. (HR An-Nasaai nomor 9150).

Namun demikian, dalam ajaran Islam tidak ada waktu-waktu khusus yang ditetapkan untuk memperingati atau merayakan anak yatim. Tanggal 10 Muharram yang oleh sebagian kalangan dijadikan momentum merayakan atau memperingati atau menyantuni anak yatim –Pada tangal 9 dan 10 Muharram ummat Islam disunahkan berpuasa.

Dalam Hadits Shahih Riwayat Muslim,
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ : يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ .( رَوَاهُ مُسْلِمٌ)
Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa di hari ‘Asyura’, maka beliau menjawab, “Puasa itu bisa menghapuskan (dosa-dosa kecil) pada tahun kemarin.” (HR Muslim).

2. Doa mohon ampun Nabi Adam a.s ( Surat Al A'raf ayat 23)

Robbanaa dzolamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakunana minal khosiriin (3x,7x,11x)

Artinya : Ya Allah, yaa Tuhan kami, aku telah mendzolimi diriku sendiri dan sesungguhnya andaikata Allah tidak mengampuni aku dan tidak memberikan ampunan maka aku termasuk orang yang merugi.

Wassalam,
Maya

Tidak ada komentar: