20091224

Perempuan Bekerja & Aktualisasi







Friends,

Singkat aja. Ada satu statemen jitu yg merubah mind set gue selama ini kalo mendengar istilah " dilema peran ganda perempuan bekerja ". Bahwa, Istilah yang lebih tepat bukan "dilema". Karena bukan suatu dilema. Istilah yg tepat adalah " aktualisasi", karena perempuan bekerja dan aktif bukan sebuah dilema, tapi sebuah aktualisasi dirinya.

Mind-set istilah "dilema" memaksa siapapun melihat secara sempit, dan sebagai dua kutub saling tarik menarik. Sementara "aktualisasi" mengajak mind set kita untuk bisa mengeksplorasikan semaksimal mungkin kemampuan kita. dng kata lain mengajak kita untuk berfikir lebih luas, berarti dan bermanfaat lebih besar dan signifikan lagi terhadap sesama dan lingkungan. Dan, ini menjadi bagian dari rasa syukur kita atas anugerah kemampuan apapun yg kita miliki dari Tuhan YME. dan, bekerja di sini dalam konteks tidak terbatas hanya kerja pada perusahaan/kantor., termasuk juga punya usaha sendiri, part-timer, etc. Aktualisasi juga dalam konteks inginmemanfaatkan waktu yg dimiliki sebaik2 agar manfaat bagi diri, klg dan sesama ( alias tidak sia-sia, yg tidak jelas manfaatnya..hehe)

Gue sudah lama bahkan sejak kuliah mendengar dan tahu dua istilah itu. Tokoh PsikologiAbraham Maslow yg mempelopori & mnggunakan istilah aktualisasi. Namun terus terang ( philip terang terus) , baru kali ini gue bisa benar memaknai istilah itu dalam konteks ibu bekerja...(** hahaha setelah bekerja 25 tahun ...kemanaaaa ajaaaa..? haha..haa) Alhamdulillah.

Ok Zipped! soalnya janjinya tadi singkat aja ya..hehe

Semoga yg sederhana tp powerful buat gue ini juga manfaat buat teman2 semua apapun latar belakangnya.

Salam aktualisasi,
Maya

Tidak ada komentar: