20101212

Memuaskan Manusia


Source : "Friends at Gg Empang" Album by Ben Suadi, 2010


Rasul saw : "Kalian tidak akan dapat memuaskan manusia dengan harta kalian, tetapi kalian dapat memuaskan mereka dengan adab yang luhur "

Adab?

Kata "adab", rasanya sudah lama tidak terdengar ya dalam pembicaraan sehari2. Padahal kata "adab" sesungguhnya ada dalam salah satu sila Pancasila : " Kemanusiaan yang adil dan beradab" :)

Kata adab seringkali diganti dengan istilah lain : akhlak, budi pekerti, moral, etika dan lain2. Tidak masalah sejauh kita benar2 mengerti substansi dan tidak sekedar gampang di sebut sementara maknanya telah tereduksi dan ditelam globalisasi yg melanda dunia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dicuplik oleh Quraish Shihab, dalam bukunya Secercah Cahaya Ilahi, 207, p 201. - makna kata "adab" antara lain adalah
-kesopanan,
-kebaikan dan
-kehalusan budi.

Disebutkan juga, Kata adab terambil dari bahasa Arab yang maknanya antara lain adalah :
-pengetahuan dan pendidikan
-sifat2 terpuji dan indah
-ketepatan dan kelakuan baik.

Allah swt telah mendidik, memperluhur budi dan memberi sifat2 terpuji kepada nabi Muhammad saw, sehingga sungguh indah dan terpuji sikap dan kelakuan beliau.

Terlepas dari latar belakang agama kita, semoga kita bisa belajar dari sifat2 terpuji dan luhur para tokoh teladan dunia, yang apabila kita mengambil manfaat maka nilai kemuliaan dan manfaatnya bisa jadi jauh melebihi dari harta karun yg kita miliki. Wallahualam.

Moga manfaat.

Salam,
MayaWhite

Tidak ada komentar: