20090922

Leadership for kids : Belajar dari Lebah



Anak2ku se-Tanah Air,

Banyak dari alam ini yang engkau bisa pelajari dan ambil manfaat.

Pernah lihat lebah? Nah, dalam hidup cobalah engkau belajar sikap lebah :


1. Hanya yg baik. Lebah adalah binantang yang hanya memakan dan mengeluarkan yang baik-baik. Sari bunga dihirup dan diproses, untuk mengeluarkan madu.

2. Banyak Manfaat. Madu adalah obat berbagai penyakit punya banyak manfaat untuk tua dan muda. Rasanya manis, tapi tidak seperti gula yg berlebihan akan membawa penyakit, sementara madu dalam takaran apapaun selalu manfaat dan tdk membawa penyakit.

3. Tidak merusak. Lebah dalam kerja dan hidupnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain, satu dahan ke dahan lain, satu bunga ke bunga lain. Walau berpindah-pindah lokasi dan lingkungan, dia hinggap dan terbang tetap menjaga keindahan tanaman tersebut, tidak membuat dahannya patah atau bunganya hancur.

4. Selalu memilih yang baik, banyak manfaat dan kegunaan, dan tidak merusak orang lain atau lingkungannya. Namun bila diganggu, dan mengancam jiwanya, dia bisa mengigit/menyengat. Dlm hal ini konteksnya bisa dlm arti memiliki prinsip, menyatakan kebenaran walau dalam tekanan, asertif, mandiri dan berani mengambil sikap.

Bagaimana? Luar biasa ya...bila lebah saja bisa, kita manusia tentu bisa, bahkan lebih baik lagi.. bener ga? :)

Semoga manfaat, please share dan jadikan bahan diskusi dng teman2mu.

I'm very proud of you all!

Salam lebah,
Maya


Tidak ada komentar: