20090922

Lebaran is a big family time!




Berbeda minat dan sifat walau berasal dari satu rumpun keluarga :
Tujuan berlibur = Pantai or Laut?

Friends,

Apa arti Lebaran ? hmmm...

1. Lebaran adalah waktunya keluarga ngumpul. Tidak cuma sekedar keluarga inti, tapi juga keluarga besar/extended family! Pengertian extended ini bisa2 juga gak terbatas. Bisa hitungannya dari sanak keluarga inti saja ( yg biasanya dari waktu ke waktu bertambah , dan jumlahnya udah dua digit hehe.. ) sampai satu buyut !! aha, mungkin mesti sewa khusus tempat di gelora senayan he..he.

2. Lebaran adalah mudik. Hehe..ya ga perlu di bahas lagi deh, udah hari ke hari di koran jadi sarapan pagi saat berpuasa...hehe..

3. Lebaran adalah jalan pantura macet. Terutama 3 hr menjelang lebaran dan 2 hr menjelang wkt resmi masuk kantor. Ga percaya? silahkan coba...hehe

4. Lebaran adalah Jakarta sepi. Yihuuuuuuuyy...ga macet dan ga abis waktu di jalan!(** bagi yg stay di jakarta * )

5. Lebaran adalah oshin utk ibu2 /OT . Na ini tantangan utama..biasanya maid, driver, dlsb ingin pulang ke daerah bertemu klg. Jadilah ibu2 dan ayah2 ambil peran penuh domestik..:)

6. Lebaran adalah pelatihan mental dan fisik terutama utk keluarga muda yg masih punya bayi, anak kecil. Terlebih bila jumlah anak cukup banyak dng jarak yg rapat..hmmm..Tapi kalau disiasati dng baik, beberapa sy lihat tetap bisa kok. Malah bagus melatih kemandirian dan kedekatan anak dng ot.

7. Lebaran adalah Hotel penuh, Pulau Bali rame, Taman Wisata dan Hiburan jd pilihan utama rakyat. Setuju ? hehe..

8. Lebaran adalah ketupat, rendang, opor ayam, gue kambing dkk.. Nyam-nyam wennak, eiiiit hati - hati kalo langsung gas perut bisa kaget! :)

9. Lebaran adalah silaturahmi . Dng keluarga, relasi kantor, saudara / sahabat dekat. dan Bahkan ada yg bertemu keluarga setahun sekali, ya saat lebaran ini..:) Kita juga bisa melihat ada keunikan masing2 keluarga.. Bisa jadi karakter or sifatnya berbeda walau dari satu rumpun..hehe

10.Lebaran adalah bunga, parsel, kue, baju baru, peralatan sholat. Itulah bingkisan2 yg wara wiri terfavorite saat lebaran hehe..

11. Lebaran adalah waku tuker uang kecil utk siap dibawa ke daerah utk sedekah. Nah, tahun ini sepertinya yg paling laris adalh uang kertas baru Rp. 2000 hehe..ya ga?

12. Lebaran adalah bunga sedap malam. Hmm tapi tahun ini bunga somehow bukan sedap malam..udah rencana tp..ya ga kesampean....Gpp masih ada bunga cantik! Alhamdulillah.

13. Lebaran adalah nyekar. Kemaren kami sekeluarga nyekar ayahanda tercinta langsung setelah sholat ied dan sarapan. alhamdulillah.

14. Lebaran adalah sungkeman. Nah ini dah tradisi keluarga gue nih...ada tata aturan maennya lagi... tapi yg penting santai dan ketawwan kok hee..hehe. alhamdulillah.

15. Lebaran adalah semua toko tutup. Roda ekonomi ( utk semetara stop), diganti roda rohani ..hehee...alhamdulillah.

16. Lebaran adalah bersih, cantik, apik, anggun dan serasi.. Nah, ini refer ke penampilan kita baik luar maupun dalam...sebagai rasa syukur atas anugrahNya.

17. Lebaran adalah sleep dan rest buat bbrp orang tertentu. Masuk kaegori ini adalah yg masih single, yg abis kerja keras akhirnya bisa break cuti, yg tidak merayakan lebaran dan single -

18. Lebaran adalah "ngukur jalan " dan "bikin kategori plan lebaran day 1, day 2,", ada " open house". Sering sekali kita berangkat pagi dan baru kembali sore/malam hari karena hrs datang ke beberapa rumah dng lokasi yg berbeda2.. Apalagi kalo kita jatuhnya muda !. udah deh, list day 1 dan day2 bakal dah penuh. Nah sementara yg paling tua akan nunggu di rumah, semua pada datang. Mensiasati utk yg muda : datang aja ke yg paling tua..tunggu di situ, nanti khan saudara2 pada datang...kita tinggal salaman ga perlu datang ke rumahnya ..hehe..' Eh ga semua bisa, kadnag walau sdh bertemu bersalaman di rumah keluarga besar, tetap saja kita harus datang khusus ke rumahnya. Terutama yg punya kaitan langsung, misal bapak/ibu mertua, eyang/bude or pakde....Mungkin ada yg celetuk :Wah ga effisient dong? Ya emang begitulah hub manusia..emang bisa di matematika- kan? hehe

19. Lebaran sebuah lembaran baru. Setelah puasa sebulan penuh dan insyaAllah kita fitrah kembali, bersih suci seperti bayi baru lahir. Lalu pertanyaannya: Bagaimana agar tetap fitrah? Apa yg mesti kita lakukan hari2 di hari ini dan selanjutnya? Upaya apa yg perlu dilakukan utk bisa menjaganya? apa yg harus kita lakukan dan hindari? Lembaran baru putih bersih, semoga tetp terjaga hingga ramadhan mendatang, Amin

20. Lebaran adalah bersyukur (grateful and happy). Atas apa? Anugerah Tuhan yg telah melimpahkan segala yg baik dan kita butuhkan , termasuk- keluarga, anak, orang tua, pasangan, sanak famili, kesehatan, pekerjaan, dan semua yg ada di kita saat ini... Tdk lupa juga bersyukur bahwa kita masih bisa berlebaran tahun ini...Alhamdulillah.

Semoga yg simple ini bisa jadi manfaat.

Happy Eid Mubarak !

Salam utk keluarga,
Maya

Tidak ada komentar: