20091025

Kajian dr Puri Hijau: Islam is Peace





Friends,

Alhamdulillah. Berikut highlights dari isi kajian ustd. Ostman Shihab dlm pengajian kemaren sore di rumah Puri Hijau.

Makasih yg sudah dataang ya..InsyaAllah akan rutin (once a month or in two months), dibuat dalam Modul dan open untuk yg berniat dan berminat mengkaji dan belajar Islam bersama semata krn Allah swt. InsyaAllah. Alhamdulillah

Kita kemaren membahas pertanyaan mendasar . Tentang Islam.

Apa Makna Islam?

1. Islam artinya menyerahkan. Menerima apapun yg datangnya dari Allah dan Rasul secara mutlak. Belajar menerima perintah dan larangan dari Sang Maha Kehendak

2. Islam itu belajar untuk menerima utk tidak memiliki sesuatu karena hakekat kepemilikan itu adalah milik Allah.

3. Islam itu penyucian. Suci dari 7 fakultas bagian diri kita : Mata, Telinga, Mulut, Lidah, Tangan, kaki, Kemaluan. Sabda nabi, banyak yg tergelincir karena dua hal : Mulut dan Kemaluan. Termasuk di sini kesucian dari syirik, anggota badan ( fisik), hati dan lingkungan. Kesucian Lingkungan termasuk bagaimnana kita menjaga kebersihan dalam diri dan rumah kita.

4. Islam itu artinya damai. Islam itu memberikan kedamaian dan ketenangan bagi diri sendiri dan orang lain. Islam itu artinya selamat/menyelamatkan diri dan org lain dari perilaku dan ucapan yg dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain

Dalam belajar Islam, ada 3 kategori :

1. Tauhid. (Akar) Ini bicara Teori. Tujuannya mengenal Allah. Ini dasarnya, akar yg harus kokoh dan kuat dalam diri setiap muslim/muslimah. Yg utama dan dahulu sebelum melangkah ke kategori selanjutnya.

2. Syariah (Ranting). Ini bicara tentang Hukum/Law. Yg banyak terjadi sekarang dlm masyarakat kita adalah menjalankan item 2 ini tanpa kuat benar di item 1 (Tauhid). Berpotensi bahaya, karena melaksanakan sst tanpa benar betul mengerti makna dan akar dari perbuatannya utk semata Allah.

3. Akhlak (buahnya). Makmur dan tidak makmurnya suatu negara sangat ditentukan oleh akhlak pemimpinnya...(** ..hmmm..benar sekali**)

Ada lagi nih, bonus ilmu ... Rasul senang terhadap dua hal :

1. Sholat tepat waktu
2. Wewangian yg harum.

Subhanallah.

Demikian. InsyaAllah kegiatan pengajian di rumah Puri Hijau akan di rutinkan, yg terbuka bagi siapapun yg berminat belajar, mengkaji bersama untuk mendapat ridho dan cinta Allah swt.

Semoga sharing ini bermanfaat buat kita semua. Amin. Alhamdulillah

Salam bersyukur,
Maya

Tidak ada komentar: