20091031

Teens




Friends,

Our two angels sudah remaja...hmmm alhamdulillah mrk tumbuh menjadi anak2 yg begitu sayang dng keluarga, org tua dan cukup happy belajar di sekolah...alhamdulillah.

Remaja emang saat2 yg paling menarik sekaligus vurnerable dalam masa hidup seorang anak. Gayanya beda2 masing2 punya kecenderungan dan keunikan sendiri.

Tapi ada yang sama sebangun lho. Baik itu dilihat dari teori pendidikan psikologi maupun pengalaman gue membesarkan my diamond (17th) and my pearl (14th)... Apa itu?

Yaitu : Fluktuatif..hehe.. Emosinya naik dan turun, dan faktor teman menjadi kritikal buat mereka..Kenapa? Apa itu normal?

Menurut gue ya itulah remaja, dan kecenderungan itu bila dikelola dng baik malah membawa manfaat. Kok bisa?

1. Emosi naik turun memang diperlukan untuk melatih remaja menyeimbangakan 3 faktor dalam diri manusia( kognisi, emosi dan afeksi). Semakin dilatih dan ditempa dengan berbagai kondisi beragam, ( dengan bimbingan yg pas dari org tua) akan menumbuhkan kematangan yg insyaAllah natural untuk memasuki masa dewasa muda.

2. Faktor teman. Diperlukan agar anak kita bisa belajar tidak terbatas dari dalam rumah aja spt ketika mereka masih kecil. Penting di sini untuk memiliki teman2 dan lingkungan yg baik dan kondusif bagi perkembangan remaja kita. Bantu hindari anak dari teman dan lingkungan yg kurang/tidak baik.

Selain itu, ada satu hal yg dari pengalaman gue membenarkan teori psikologi yg gue pelajari di bangku sekolah, bahwa as much as sang remaja ingin mulai mendpt kebebasan, sesungguhnya mereka pun masing membutuhkan peraturan2 / rules dari orang tua terutama menyangkit hal2 yg prinsip bagian dari pembinaan karakter. Kecenderungan yg gue lihat krn sdh dianggap remaja lalu ot ngebebasin remajanya yg akhirnya cenderung secara berlebihan. Ini kurang benar. Tetap tegakkan peraturan, encourage dialog thd apa yg kurang pas dan mecari solusi bersama. Sehingga nanti mrk terbiasa mengatasi masalah yg lbh kompleks lagi kelak. Wallahualam.

Semoga manfaat

Salam remaja,
Maya

Tidak ada komentar: