20090215

TRUST kunci segala HUBUNGAN




Aspek yang amat kunci dan kritikal in ANY relationship. Be it, at work, school, in family, friendship or marriage. Baik itu dengan bos, anak, pasangan, teman, guru, sahabat, kolega, pembantu, bawahan, orang tua, partner bisnis, etc...

Kunci satu ini nggak bisa di paksakan tapi harus diBUKTIKAN melalui upaya konkrit. You have to earn it! Dengan waktu dan kesabaran untuk menunjukkan bahwa diri kita orang yg TRUSTWORTHY alias bisa dipercaya.

Apakah TRUST yg sudah pecah bisa diperbaiki? Dari pengalaman nyata, gue termasuk yang menganggap bisa, walau emang gak gampang.. tergantung rumit kasusnya dan orangnya.... Perlu waktu dan strategi yang pas untuk mengembalikan kepercayaan orang. Apalagi kalau kita berhadapan dng orang yang lebih cenderung berpandangan "All or None": "TRUST itu whether you have it or NOT." Dari pengalaman gue cukup banyak orang yang punya mindset spt itu , gak bisa disalahkan karena mereka pastilah punya alasan yg logis buat mereka. Ngadepin yang begini, ya tambah extra waktu dan sabar deh dalam upaya...hehe.

Makanya, kalo TRUST dah kebentuk bukan berarti kita stop.. tapi mesti dijaga tuh kepercayaan -- seperti merawat, menyirami, menyiangi, memupuk tanaman/pohon.. Hari ke hari biasanya ada aja ujian sejauh mana kita bisa merawat TRUST ini..

Jadi kuncinya gimana kita terus menjaganya secara teratur dan sadar, supaya pohon hubungan tumbuh dan berkembang terus laksana tunas yang baru tumbuh terus tiap harinya, tetap sehat terawat sehingga berbuah manis dan berbunga indah ..hehe --- Pelaksanaanya gak segampang omongannya, ya? Emang..tapi hasilnya terasa manis dan indah lho...hehe

Moga yg sedikit ini bisa manfaat.

Salam merawat trust,
Maya

Tidak ada komentar: