20081129

Tips Mengerem Pengeluaran : Sebelum blanja, intip ini..

Menghadapi krisis ekonomi global yang sedang melanda, tentunya kita perlu melihat kembali apa yang bisa kita lakukan dan kelola dengan lebih baik lagi. Beberapa pakar menyarankan kita untuk tidak panik, tetap normal beraktifitas sambil melihat perkembangan yg ada dari beberapa indikator ( inflation, interest rate, pengangguran, kurs, etc).

Sepertinya pendapat itu yang akan saya pakai sehari-hari, sambil terus bekerja lebih giat lagi agar produktifitas terus berjalan, efisiensi ditingkatkan, tidak tarik dan ambil uang bial gak perlu, dan tetap belanja sesuai kebutuhan.

Berkaitan dengan yang terakhir soal belanja, seorang pakar keuangan keluarga Suze Orman dari Amerika ( sebiuah negara yang terkenal konsumerisme dengan tingkat spending tertinggi sedunia...) baru-baru ini mengeuarkan bukunya tentang topik yang sama, memberikan tips praktis khususnya untuk wanita. Dia memberikan saran, apabila hendak berbelanja, jawablah dulu 3 pertanyaan berikut :

1, is it kind ( benar)?
2. Is it necessary ( penting)?
3. Is it true ( benar) ?

Apabila semua dijawab dengan YA, maka silahkan berbelanja….
Apabila ada salah satu yang dijawab Tidak , maka sebaiknya anda rem dorongan ingin berbelanja anda..

Sedangkan cara yang lebih “tradisional”, mengacu pada pertanyaan :
Apakah pokok atau tidak pokok?,
Kalau jaawabannya tidak, ya direm dulu keinginannya
Kalau jawabannya ya pokok, tanyakan lagi apa perlu Sekarang?
Lalu tanyakan apa bisa memanfaatkan barang yang sudah ada di rumah?

Semoga bermanfaat….

Salam hemat,
Maya

2 komentar:

lusi mengatakan...

thks tipsnya .. cuma kalo saya mesti nambah 1 lagi : 'cukup gak tuch uangnya buat blanja blanji.. he he he'

Maya Soeharto mengatakan...

Hi Lus,makasih juga...lha sebelum nambah satu lagi dipikir dulu gak hehe...emang gak gampang ngerem belanja buat kita ( baca: perempuan) lha kita diciptakan sebagai makhluk yg menyukai keindahan hehe, ya gak? baju yg indah, sepatu yg keren, pernak pernik buat anak, makanan, dan segala yg cantik menarik... apalagi kalo sale( hehe) . Udah gitu lokasi kantornya dekat commercial areas lagi: Ambasador Mall, ITC, PIM hehe.. Benar2 perjuangan kesabaran lahir bathin ya lus? hehe