20090425

3 Hal Penyambung Amal



Friends,

Salah satu teman saya di community dekat rumah minggu lalu pas wekend sempet ngobrol dng saya tentang perasaannya yg begitu dekat pada Ayahnya yg baru saja meninggal. Dia mengajukan beberapa pertanyanyaan- yg satu dua bisa langsung di jawab, namun banyak yg memang tidak terjawab oleh kita manusia yg serba terbatas dan sy awam yg masih minim ilmu agama.

Namun, yg jelas, lalu membuat saya teringat sabda Rasulullah SAW. Dan ini bisa menjawab sekaligus pertanyaan apa yang bisa dan perlu kita lakukan untuk yg meninggal, dan untuk diri kita sendiri selagi masih ada kesempatan hidup di dunia. Ada tiga hal kunci yg sy sebut sebagai penyambung amal :)

Rasulullah SAW bersabda :

Bila seseorang telah meninggal, maka terputuslan untuknya amal kecuali tiga hal yg tetap kekal :
1. Shadaqah jariah
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Anak Shaleh yg senantiasa mendoakannya

(Riwayat Imam Bukhari dan Muslim)

Dalam beberapa referensi ada penjabaran tentang 3 hal di atas. Dikatakan termasuk pula termasuk di sini : membangun mesjid, menanam pohon, membuat sumur / irigasi, membangun sekolah, mengajarkan ilmu, menulis buku yg bermanfaat, etc..

Berarti bila kita ingin Ayahanda yg meninggal senang dan mendpat tambahan amal lagi maka kirimkanlah doa ( misalnya Al-Fatihah) kepada beliau secara rutin..juga saat hati tiba2 teringat.

Ya Allah, bimbing dan jagalah diri hamba dan klg, ibu serta saudara2 kami semua agar ingat dan terus mengikuti segala petunjuk dan ajaranMu.. Amin

Semoga manfaat,

Salam penyambung amal,
Maya

Tidak ada komentar: