20090424

Tips : Teknik Belajar Mudah



Friends,

Salah satu tekniknya, bila menemukan istilah baru yg perlu kita ingat maka cari pengertian sepadannya yg gampang buat kita. Dan gampang ini bisa sangat subyektif tergantung masing2 orang . Misalnya : ada istilah malignancy - maka kalo saya, utk mudah diingat akan saya ubah jadi si nancy maling ( walau gak urut tapi buat saya krn kalimat akan lebih mudah diingat hehe..)

Teknik lain yg saat belajar biasa sy gunakan terutama untuk bisa menguasai 1 text book yg beratnya sealaihim adalah bikin outline, gambar/format ala kita sendiri. Karena sy memang rada cenderung visual, maka gambaran 1-2 pages yg dibuat sendiri akan memudahkan sy untuk menguasai the whole book. Tentu untuk bisa merangkum satu texbook menjadi 1-2 lembar halaman, mau tudak mau anda harus membaca d whole book. Nah, setelah itu cobalah corat2 kertas putih bikin framwork/format sendiri yg kita bisa lebih mudah ingat. Saya lakukan ini juga selama sekolah/kuliah, and it worked! Alhamdulillah.

Teknik belajar mudah yg lain adalah bayangkan penerapannya. Mulai baca bahan jauh hari sebelum ujian, dan nikmati, ambil pengertiannya dan bayangkan penerapannya...terus dan seterusnya hingga habis. You will enjoy! Jangan mepet- dulu gue juga bbrp mepet sih hehe..karena kalo mepet dah gak bisa nikamti lagi. Padahal belajar itu kudu dinikmati. Ditanggung masuk ke otak hehe...Why? Karena our brain/otak akan mampu berfungsi maksimal absorbsinya apabila dalam keadaan relaks dan fun! :)

Mau coba? Semoga yg simpel2 ini bisa manfaat :) Amin.

Salam learning is fun!
Maya

Tidak ada komentar: