20100110

Mohon Maaf atas Kelalaian




“Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) di negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi, dan berbuat baiklah (kepada orang lain) karena Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS Al-Qashash (28): 77)

Friends,

Bagi semua teman2 dan kenalan yang membaca, akan membaca maupun yg belum membaca blog ini, saya menyampaikan dan menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam perilaku saya sekarang dan masa lalu yang disadari dan tidak disadari pernah meyakiti hati teman-teman. Termasuk membuat teman2 susah, sedih, atau apapun perilaku sy yang merusak dan bertentangan dng kemanusiaan dan nilai-nilai Ilahi. Mohon kebesaran hati teman2 untuk memaafkan saya dengan ikhlas.

Di usia menjelang mid 40, saya berkala refleksi dan merasakan banyak sekali kekurangan dan kelengahan sebagai manusia biasa yang mungkin berakibat buruk pada orang lain, tanpa saya sadari sepenuhnya. Tidak ada niat saya sedikipun untuk membuat orang lain, teman2 atau siapapun sedih atau kecewa. Terjadi semata karena kelemahan saya, bisa karena ketidaktahuan atau kurang pengertian saya, bisa karena sikap gegabah atau terlalu polos percaya akan sesuatu yang sesungguhnya tidak bisa dipercaya atau kurang mendasar membuat saya kurang waspada. Saya bisa khilaf, terlalu percaya berprasangka semua baik, mengindahkan nilai-nilai agama yang sebenarnya sudah jelas membedakan mana yg baik dan tidak baik, atau bisa jadi terlalu berhati-hati, teralu sibuk sendiri yang berakibat kurang menjaga tali silaturahmi kita dan menyia-nyiakan kesempatan untuk berhubungan lebih baik dan bermanfaat di antara kita sebagai sesama manusia yang pada dasarnya saling membutuhkan dan bersaudara. Maafkan saya..

Sekali lagi, mohon maaf yang tulus lahir dan bathin dari saudara, relasi dan teman2 semua. Semoga Allah swt memaafkan dan mengampuni segala kesalahan dan dosa saya serta melimpahkan lindungan, kelembutan hati, berkah dan kasih sayangNya kepada Anda semua beserta keluarga dengan kebahagiaan yang berlipat ganda di dunia dan akhirat. Amin YRA

Menjalani tahun 2010 dan seterusnya saya memohon doa tulus dari Anda semua agar saya--- yg bisa jadi sering seperti orang yg lalai, mampu terbangun dari kelalaian-- untuk berupaya menjadi orang yg lebih baik dan bermanfaat bagi semua sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan sy atas anugerah Allah swt dalam sisa waktu kehidupan saya di dunia ini.

Saya membayangkannya seperti gambaran yg dilukiskan oleh Ibn Al-Qayyim tentang keadaan seseorang yg lalai, kemudian terbangun dan sadar dan ingin memperbaiki kelalaiannya (M Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi) :

“ Orang yg lalai menyediakan persiapan menemui Tuhan, bagaikan seorang yg tidur nyenyak. Dia tidak sadar bahwa umurnya telah habis terbuang. Akan tetapi, jika dia sadar dan terbangun dari tidurnya, maka cahaya Ilahi akan mengetuk pintu hatinya, dan seketika itu juga dia akan mengambil kapak untuk memotong rantai yang membelenggu dirinya, terang-lah kembali alam di hadapannya, lalu terlihatlah olehnya bahwa putaran hidup di dunia ini cepat. Karena itu, sisa umurnya tidak disia-siakan-nya. Dia bangkit mengejar ketinggalan, dan segala pengalaman masa lalu dijadikan pupuk untuk menyuburkan pohon iman yang telah mulai tumbuh di hatinya itu. “ Wallahu a’lam.

Terima kasih all friends/ colleagues/ saudara2 ku semua. I love you all :)

Ya Rabb perkenankanlah. Alhamdulillah

Salam mohon maaf & mohon doa,
Maya

Tidak ada komentar: