20100102

Keutamaan Ilmu




Friends,

Kita semua mengetahui bahwa menuntut Ilmu itu penting dan gak stop sampe situ aja. Karena, yang juga sangat peting, adalah ilmu itu ternyata harus/kudu di amalkan dalam lingkungan sesuai dengan konteks masing-masing.

Pernah denger khan istilah : "Menuntut ilmu hingga hingga ke liang kubur ". Nah, sepertinya kita perlu tambahkan menjadi : "Menuntut ilmu dan mengamalkan dalam kehidupan dunia hingga ke liang kubur." Bener ga? hehe.. Dan tentu ilmu yang dimaksud tidak terbatas sekedar ilmu yang kita peroleh dari bangku sekolah, namun juga ilmu, keahlian, kebijaksanaan, manfaat yang kita peroleh berdasarkan pengalaman2hidup, interaksi kita dng orang lain, belajar dari alam, etc yang bisa membawa perbaikan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Sehingga lengkaplah tiga serangkai : Ilmu + Iman + Amal

Ada sebuah referensi tentang keutamaan Ilmu berdasarkan sabda Rasulullah yang begitu indah dan menarik dimana beliau membuat perumpamaan dan analogi untuk menjelaskan ada 3 golongan orang dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan pengamalannya. Sebagai berikut:

Dituturkan dari Abu Musa r.a (yang) berkata, Nabi Saw. bersabda,

“Perumpamaan petunjuk dan ilmu pengetahuan yang diamanatkan Allah kepadaku untuk disampaikan adalah bagaikan HUJAN LEBAT yang turun ke bumi.

A. Dari sebagian bumi tersebut ada yang SUBUR yang dapat mengendapkan air, lalu meNUMBUHkan TUMBUHAN-tumbuhan dan RUMPUTAN-rumputan yang banyak.

B. Dari sebagian bumi tersebut ada yang GERSANG yang HANYA dapat menampung air yang oleh Allah dimanfaatkan untuk manusia sehingga dapat dipergunakan untuk minum; memberi minum ternaknya untuk kepentingan pertanian.

C. Dan hujan tersebut juga turun ke bagian bumi yang lain. Namun, bagian bumi ini merupakan tanah yang KERAS dan DATAR yang TIDAK dapat menampung air dan menumbuhkan tetumbuhan.

Demikian (ketiga hal di atas) itulah perumpamaan :

- Orang yang PANDAI dalam agama Allah dan meMANFAATKANkan apa yang diamanatkan Allah kepadaku, kemudian setelah dia mengeTAHUinya lantas meLAKSANAkannya ( analogi bagian bumi A);

- Orang TAKABUR yang tidak mau memedulikannya ( analogi bagian bumi B)

- Orang yang TIDAK MAU menerima petunjuk Allah yang ditugaskan kepadaku untuk menyampaikannya “ (analogi bagian bumi C)

(Source : Hadist Al Bukhari & Muslim)

Subhanallah. Betapa indahnya Tiga serangkai Ilmu + Iman + Amal..

**Ya Allah karuniailah hamba, anak2 hamba, keluarga dan sahabat2 hamba petunjuk dan ilmu yang bermanfaat dan berilah petunjuk dan bimbingan kepada kami untuk memanfaatkan dan mengamalkan sesuai ajaran-Mu & sunah Rosul yang mampu menumbuhkan tumbuhan2an dan rumput2an yang subur menghijau dan berguna dalam lingkungan dan masyarakat selama kehidupan kami di dunia untuk memperoleh ridho dan cinta Mu semata. Amin. **

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pembelajaran untuk kita semua (termasuk saya)

Salam subur menghijau,
Maya

Tidak ada komentar: