20091115

Jabatan Bukan Sekedar Nikmat




Friends,

Gue lihat judul di atas dari Koran Republika, menggugah. Bukan saja karena gue emang punya minat ttg yg berbau leadership tapi juga karena judul di atas bagus buat gue refleksi diri melihat kekurangan dan mencari jalan lebih baik maupun lebih mngetahui bagaimana Agama membimbing kita dalam kehidupan sehari- hari, agar gak salah jalan…

Ceritanya,

Dalam suatu kesempatan Rasulullah SAW bersabda, “ Jika amanah disia-siakan tunggulah saat kehancuran,” Sahabat bertanya, “ Bagaimana menyia-nyia kan amanah itu?” Beliau lalu menjawab : “ Jika urusan di serahkan kepada yg bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya “ ( HR Bukhari).

Dari sini gue melihat bahwa kita sebagai manusia juga harus bijak dalam memberikan amanah. Kadang nih yg kita lakukan…karena rasa kasihan atau pertemanan lalu…tanpa tahu kemampuannya…kita berikan jabatan…wahahh**** apa elo baru sadarrr…mayaaaa…. Hehe..

1. Amanah diberikan kepada orang yg berhak menerimanya dan dilakukan secara adil.
“ Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kpd org yg berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia spy kamu menetapkannya dng adil. “ (QS An-Nisaa’ (4) 58)

2. Pangkat dan kekuasaan adalah “saudara kembar’ harta dan kekayaan . Keduanya bagaikan dua sisi mata uang yg sama. Dan, keduanya merupakan unsure utama kenikmatan dunia. Hanya penguasa yg beriman, zuhud, amanah, jujur, dan adil yg akan mampu menepis godaan kekuasaan dan kekayaan dari potensi penyalahgunaan utk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

3. Salah satu ciri org yg mukmin adalah jika mendptkan amanah berupa kekuasaan, ia memanfaatkan sbg sarana mendekatkan diri kpd Allah SWT dan hamba-hamba Nya. Baginya, khianat terhadap amanah bukan saja merupakan pengkhianatan thd rakyat, namun juga pengingkaran thd Allah SWT.

4.Mentalitas seorang pemimpin yg memegang amanah akan terbuka thd kritik, koreksi, maupun nasehat dari siapa pun tatkala ia berbuat salah.

Subhanallah..

Banyak sekali yg gue emang harus pelajari dari Islam yg amat sarat kaya akan nilai2 mendasar yg sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari2 gue di berbagai bidang nih…. Alhamdulillah.

Salam Jabatan penuh Amanah,
Maya

Tidak ada komentar: