20091129

"Money will Follow..."


Friends,

Dalam peran gue di kantor dan kampus, dan juga dng beberapa kegiatan kemsyarakatan sering kali gue dan tentu mungkin juga teman2 dihadapkan berdialog bersama generasi muda (usia mahasiswa - fresh grad sd 27 tahun)tentang suatu kesuksesan, kehidupan, pekerjaan dan prioritas yang paling penting apa di miliki saat ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa generasi sekarang, bahkan sejak remaja - dengan berbagai alasan latar belakang dan faktor penyebab lebih mementingkan yg serba instan. Dalam konteks mengambil keputusan dan memilih pekerjaan lalu uang/money menjadi motivator lebih dipilih di banding pendidikan/pengetahuan/pengalaman.

Banyak anak muda yg tidak mau bekerja jika tidak mendapat upah/gaji dengan standard tertentu yg mereka inginkan. Yg akhirnya end up dalam titik yg tidak tidak kerja juga karena mana ada perusahaan yg berseda membayar gaji baik tanpa pengalaman?

Untuk generasi muda, manakah yg lebih prioritas : uang atau pengalaman/knowledge? Tentu ideal bagusnya sih bila keduanya ada yaaa tidak jadi masalah. Namun dunia kerja tidak ideal, tetap saja dalam kadar tertentu fresh graduates di hadapkan dng pertanyaan di atas.. Mana yg kita pilih dlm konteks saat ini?

Walau setiap generasi bisa berbeda nilai-nilai, namun ada wisdom values yg menurut gue cukup sustain dan perlu diteruskan from one generatin to the next generation: Bahwa dalam mencari dan memilih pekerjaan terlebih di awal karir : jangan dilihat semata-mata dari uangnya. Bekerjalah yg ada apapun asal baik dan bermanfaat. Lihat dan lakukan apapun yg didepan mata dng bersungguh sungguh...lakukan pekerjaan yg ditawarkan dan ada dng tujuan mengasah knowledge, ketrampilan dan pengalaman yang kaya..lakukan dengan rasa cinta dan semangat dan integritas....terus dan terus...Maka money will follow....believe me! :) InsyaAllah. Ini bukan teori tapi terjadi di sejumlah banyak profesional termasuk gue, alhamdulillah.

Gue jadi ingat pernyataan Henry Ford, a great business leader:

"If money is your hope for independence you will never have it. The only real security that a man will have in this world is a reserve of knowledge, experience, and ability. "

Semoga yg simpel ini bisa manfaat ! Amin

Salam Money will follow..
Maya

Tidak ada komentar: