20100519

Sedikit Ide Perubahan




Friends,

Berikut salah satu exchange pandangan dalam "diskusi maya" gue dengan teman2 fb, tentang sebuah Ide Perubahan.

Walaupun sifatnya santai, alhamdulillah gue cukup dapet banyak input yg okeee dan bagus dari teman2, jadi sayang kalo gak di share lagi ke yang lebih luas...Supaya kita saling belajar, sharing ide, dan dengan dituliskan moga yg simple ini bs terekam dan jadi manfaat buat semua, termasuk generasi akan datang ! :)

Silahkan dipandang dan dimengerti dari kacamata dengan sisi banyak dimensi. :)

Many thanks to BY, YT, FS, AI, AH, AD, BK yang telah memberikan sumbangan pemikiran dan komentarnya ya yahuud. :))

Mulai ya, Enjoy !

MS : Setuju gak kalo kita pilih 20 % org2 Top di sektor binis kita pindahin ke sektor edukasi; 20% yg top edukasi pindahin ke sektor pemerintahan; 20% yg top pemerintahan pindah ke sektor wirausaha; 20% top generasi muda unggul kita didik dan bimbing intensif lalu sebar ke semua titik sektor2 itu? Setuju apa gak ? :)

BY : Setuju. Saat ini yg udah mulai jalan adalah rekrutmen posisi strategis di BUMN dari profesional swasta. Terus dgn mekanisme pemilihan langsung di pilkada, maka sudah banyak pengusaha yg jadi bupati maupun gunernur.
Sunday at 5:47pm · Maya Soeharto Thankyou Yend. Apakah mrk org top 20% yg benar2 unggul? apakah bukan sekedar krn ad-hock, bisa jadi agen perubahan ? Bayangan gue pemindahan yg terencana dan berkesinambungan akan memperluas perspektif, lbh mengerti dan empati dng sektor2 lain dan create hal2 yg baru untuk dobrak kinerja maupun memperbaiki policy dan aturan main yg ada untuk sinergi dan maju.
Sunday at 6:06pm ·

YT: Mbak, kita study dulu. Definisi TOP di sini adalah kompetensi-nya atau achievement-nya? Hehehehe....
Sunday at 6:30pm ·

FS: Kok kayak mau mindahin perabotan?... Orang top bisnis pindah ke edukasi? Jangan2 ilmu ngakalin pajaknya bakal masuk kurikulum... Orang top edukasi ke govt? Jangan2 negaranya tambah runyam krn keberatan teori yg kurang membumi... Orang Govt jadi pengusaha? Waduh bisnis bisa bangkrut, kan govt manage keuangan dgn pendekatan defisit? Plus attitude ngabisin anggaran? Nah terus bibit muda yang ijo royo2 penuh idealisme itu bakal jadi apa ya?... He he he...
Sunday at 6:31pm ·

AI: Bagaimana dengan integritas?
Sunday at 7:25pm ·

MS to YT - setuju, dan kombinasi.

MS to FS : Mas - paradigma kita perlu diubah. Timbul sederet masalah sekarang krn kita pakai paradigma lama. Semua permasalahan dan resiko yg disebut mngkin bs terjadi. Setiap ide sll ada resiko, makanya step awal ada risk anlysis, mitigasi, contigency plan etc agar itungan manfaat msh lbh besar. Ide berangkat dari pengertian bhw merubah st negara, adalah merubah manusia (apapun lt blk/jab) juga system yg juga ada faktor manusia dibelakangnya. Manusia akan efektif berubah ( perspektif,paradigma dan mentalnya/attitude) bukan melalui kelas, teori, diskusi, argumen, debat argumentasi yg tak berkesudahan :), tapi juga hrs dng "experiental/pengalaman langsung" , dlm bentuk pemindahan or rotasi ( sementara/permanen) yg terencana dan terpadu, jadi tidak asal ad-hock dan sekedar ngabisin anggaran. Soal generasi muda, tergantung kita sih..pilihannya menurut aku cuma satu: kita bina dan itu seumur hidup, kalo gak mereka jadi binasa...di negeri sendiri lagi.sehingga gak ijo royo2 or tergilas orang 2 luar yg sebenarnya tdk lebih pinter dr anak2 kita. Mrk dan semua titik penting hrs terlibat kalo kita mau perubahan total dan breakthrough. Hasil? Wallahualam..Yg penting memulai...Dan betul sekali mas, gak sesederhana mindahin perabotan emang..:) Tp aku ingat Mbah kita bilang khan dimana ada kemauan Insya Allah ada jalan..:))
Sunday at 8:55pm ·

MS to AI :- Integritas - memang problem klasik dan bisa jadi akan tetap menjadi isue terus hingga akhir jaman.:) Kuncinya menurut gue terletak di faktor Pemimpin dan konsistensi sistem punishment bagi pelaku yg melanggar.
Sunday at 8:55pm ·

BY: Agak sulit utk membuat ini jadi suatu hal yang formal. Karena masing masing bidang punya otoritas sendiri. Untuk jadi mimpi kedepan sih boleh aja. Minimal skarang apa yg dilakuin oleh SMI di depkeu dgn reformasi birokrasi dan restrukturisasi kom-ben karyawan di depkeu kan implementasi dar semangat yg seperti ini. Juga dengan rekrutmen besar besaran profesional dari swasta yg masuk direksi BUMN. Udah pasti kalo ada profesional dari swasta ditarik masuk BUMN itu adalah top 0.0001% bukan lagi top 20%.
Sunday at 10:35pm ·

AH : Gak setuju ah, soalnya gak ada anggarannya tuh..masih dalam angan-angan..hehehe :-))))
Monday at 12:54am ·

AD : Iya.........
Monday at 1:40am ·

BK : setuju may...kayaknya fair deh...mudah2an maya bisa merealisasikan cita-citanya....amin
Monday at 10:32am ·

MS to BY : - thanks inputnya, realita yg dipaparkan memang mesti kita pelajari, tapi jangan stop dan terpaku pd batas2 yg kita bikin2 sendiri :) Otoritas disini khan juga manusia. Bisa gak kita menanggalkan ego pribadi demi kepentingan yg lbh besar dan mulia? Menurut gue, kalo dulu kita dijajah at least fisik oleh belanda , sekarang kita dijajah oleh cara fikir dan sikap kita sendiri..Yg berkala hrs kita dobrak- termasuk diri gue - krn siapa tahu sdh tdk pas lagi dng jamannya. Well, gue bisa salah. Tp yg jelas, bnyk bukti dan data menunjukkan utk berbuat sst yg"berbeda", baik dan mulia tidak ada yg instant dan overnight, sementara bnyk org kita yg suka ambil jalan pintas/ short-cut.Itu yg membedakan rich countries dan poor countries, atleast itu hsl reasearch 100 thn yg gue pelajari waktu gue study di MIT Sloan. Soal Top 20% adalah indikasi kasar akan diperlukannya "magnitude" dan skala yg cukup dalam memastikan sebuah perbahan bisa cukup powerful untuk bisa mampu menggelinding.. Dulu tembok China, juga adalah mimpi dari slh satu kaisar tiongkok yg diestafetkan ke dinasti2 berikutnya, hingga yg 100 thn lalu hanya mimpi ada di depan kita sekarang, karena satu langkah yg diteruskan tanpa henti. Lama ya yend 100 thn ? Hehe..Semua tergantung ditangan kita bersama :)
Monday at 8:49pm ·

MS to AH - Anggaran - ya udah elo gue usulkan ke President jadi Menteri Keuanganan ya..gantiin SMI, setuju ? :))· ·

MS :
to AD- thanks
to BK - Thank you atas supportnya boy. Amin. :))
to Friends - makasih jempolnya, appreciated it.
Monday at 8:58pm.

Semoga yang sederhana dan berniat mulia ini, dapat membawa manfaat sekarang dan di kemudian hari. Amin 3x yra.

Salam Perubahan,
Maya

Tidak ada komentar: