20100529

Tujuh Kriteria

Friends,

Pagi libur begini, setelah breakfast sambil beberapa saat bercengkerama di meja makan bersama anak-anak, saya lalu biasanya membaca beberapa buku dan koran pagi.

Ada satu artikel dari Hikmah Republika hari ini, yang saya pikir kali ini cukup menarik untuk di share karena sarat akan kandungan manfaat. Berjudul : TUJUH KRITERIA HAMBA SALEH ( Muhammad Kosim, Republika No 138 Sabtu 29 Mei )

Ketika saya baca artikel tersebut, saya memandang bahwa ini bagus untuk banyak manfaat :
1. instrospeksi diri kita sendiri ( termasuk saya..hehe)
2. pembelajaraan untuk keluarga kita ( sy share juga barusan ke anak2 )
3. pedoman untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan
4. kriteria dalam pendidikan karakter generasi muda (kalau yg sudah tua -- seperti saya -- sudah bebal hahaha...)

Berikut saya share inti2 nya saja, dengan harapan jadi lebih simple dan praktis untuk dimengerti dan lebih mudah kita laksanakan, insya allah :

TUJUH KRITERIA tersebut (Ali Imran [3] 113-114) adalah :

1. ISTIKOMAH dan LURUS. Orang yang berlaku lurus dan memiliki karakter istikomah. Apa maksudnya? Yakni teguh pendirian, konsisten, dan komitmen dalam meyakini dan melakukan kebenaran.

2.AL QUR'AN. Senantiasa membaca, mencoba memaham dan menggali serta menerapkan Al Qur'an, baik ayat2 yang telah jelas (resmi) ada di dalam Al Qur'an (qauniyah) atau melalui jalan ilham atau petunjuk Allah atas dasar upaya manusia untuk mempelajari, mempelajari, merenungkan alam semesta untukmengambil kesimpulan ( qauliyah)

3.SUJUD MALAM. Mereka yang senantiasa sujud di tengah keheningan malam, dengan melaksanakan shalat malam.

4. BERIMAN kepada ALLAH. Setiap perbuatan dan tingkah lakunya dilandasi dengan dzikir (ingat) Allah. Maka Dzikir akan menjadi kontrol sekaligus stabilator baginya dari berbagai kemaksiatan dan dosa.

5. HARI AKHIR. Beriman kepada hari akhir. Kehidupannya senantiasa berorientasi akhirat dan jangka panjang. Ia mengisi waktunya dng kegiatan positif yang bernilai ibadah

6. MENGAJAK ORANG LAIN berbuat BAIK. Juga mengajak orang lain menjauhi kejahatan. Ia harus jadi teladan, sehingga orang bisa mengikutinya ( * haaa...ini yang beraat yaa..hehe*)

7. BERSEGERA melakukan KEGIATAN POSITIF. Hamba yang salehtersebut senantiasa berlomba-lomba melakukan kebaikan yang dilandasi dengan keikhlasan krn utk Allah SWT.

Demikian, tujuh kriteria hamba yang saleh - dimana tentu kesalahen di sini juga mencakup dua hal : kesalehan ritual ibadah dan kesalehan sosial kemasyarakatan.

Wallahualam

Semoga kita semua bisa menjadi hambaNya yang saleh. Amin.

Kalau direnungi kita udah sampe mana yaa?? hehe Boleh jadi kita merasa perjalanan mungkin masih jauh... tapi buat gue paling gak upaya istikomah tiap hari tiap detik mengupayakannya, ya gak?...:))

Semoga manfaat buat teman2 semua, terlepas dari latar belakang agama dan latar belakang kepercayaan yang diyakini.

Salam hikmah,
Maya

Tidak ada komentar: