20090704

from Dinner party to Nasi Pecel!



Friends,

Suatu ketika bertahun yg lalu gue pernah menghadiri undangan dinner dengan suasana gabungan semi formal dan santai.. Menyenangkan memang, dan bisa aja gue terlihat luwes dan ramah menikmati suasana yg demikian ber-class dan hanya dihadiri oleh orang terbatas dari kalangan tertentu....padahal..... apa yg sesungguhnya.... hmm dari dulu gue ga pernah suka dengan party2 dan keceriaan2 basa basi yg membuat gue mesti juga berbasa basi..he..he...

Instead, gue sebenarnya lebih nyaman dan menikmati kalo sedang di pasar tebet, biasa gue lakukan disuatu hari sabtu dini hari dengan hanya menggunakan celana sport dan sandal..biasanya setelah jogging di kompleks atau OR pagi santai..asik..masuk satu gank ke gank pasar lain...bercampur dengan hijaunya sayur, ramainya pedangang yg tarik ulur dng pembeli yaitu para ibu2 yg harga Rp5o perak aja masih ditawar he..he.. Terasa ada kenikmatan tersendiri bisa tawar menawar sampe' mepet ya..hi..hi...Sama dengan terasa nikmat bila ngelihat tukang sayur senyum senang kalo kita kasih lebih dikit..he..he..

Ga usah berbasa-basi, apa adanya...dan bebas bereksplorasi..nah itu yang paling membuat gue nyaman..kata orang sunda: " free spirit ya neng!" he..he ..

Termasuk juga " free odor" saat kita melewati gang daging dan gang ikan hidup yg masih loncat2 di bak penuh air meluber ke lantai keramik yg udah burem itu.. he..he. Kalo daging gue lebih ngerasa aman beli di supermarket, kecuali cari tetelan ya pasar lbh top deh..Yg asik kalo beli ikan..wah macem2 dari lele sampe gurame betebaran segerr.. Nah ayam juga tuh' , apalagi kalo waktu dulu anak2 masih kecil, senengnya berburu ceker yg banyak dan tulang sumsum utk kaldu asli biar anak2 doyan makan dan sehaaat wuiiiiih..asik deh!

Belum lagi menikmati berbagai penjual bebas kanan kiri pasar, dari mulai asesories rambut, sampai ayam goreng kuning, bawang goreng, kacang rebus, dan masih banyaaak lagi...hehe..

Kalo mau sarapan juga bisa..langganan gue :lontong sayur! dengan kerupuk merahnya..hehe tapi jangan harap kalo jam 8 pagi dateng bakal kebagian, dah ludes!! he..he.. ah..betapa asiiiknya...Nah belum kalo kepingin cari2 toiletries, perkakas dapur, buah2an..wah... tinggal jalan ga sampai ngitung langkah dah ketemu lagi macem2..nikmatnya pasaaar...nikmatnya nasi pecel yg khas dng berbagai sayur2an dan daun turi...nyam2...

" hi bu Maya" ..." bu Maya "..eh. sayup2.kok..ada suara bariton aksen bule manggil2 gue di pasar?.. Gue tersentak! dan sadar ternyata gue masih di tengah dinner invitation !! a friend of mine yg duduk persis dikanan gue concern dan heran kok gue diam aja ngga bereaksi apa2 padahal si pelayan dari tadi ngeluarin set menu dan ini dah yg ke 4!!..He.he.. Gue senyum malu dikit .. lalu sambil mulai ngikuti pembicaraan2 yg lain, otomatis jemari meraih garpu dan pisau dan mulai bereaksi memotong sepotong kecil lamb gilled with potato and mushroom sauce (sepertinya ), ukuran keciiilll dibanding piringnya yang sangat besaaar. Hmm enak sih..alhamdulillah. Mataku lalu melirik daftar set menu yg berdiri cantik mungil persis didepan kami dan mulailah kuberhitung masih berapa list set menu lagi..he..he..4 set menu lagi!! yg harus kulalui...dari judul2nya jelaslah semua ga tersedia di pasar tebetku hehe..he...tapi terus terang perutku sudah terasa kenyang dengan nikmatnya dng bayangan imajiner lontong pecel dng kembang turi dari pasar yg weeenakk itu! he..he..Payah!

Oh pasar tebet betapa aku kangen dengan suasanamu..dah lama ga kutengok dikau..

Morale of the story: kesopanan bisa diupayakan, dibiasaan dan sedikit dipaksakan, tapi kenyamanan tidak akan bisa dipaksakan.. he..he (baca: sekali org pasar ya org pasar, ga bisa dipaksa jd org gedongan! hehe.salah ah !!! Maksud gue: walau gue sering acara di gedongan lebih mewah, rich akan makanan dan glamor, ternyata buat gue ngaduk2 pasar lebih nyaman dan asikk...he..he.. alhamdulillah). Nah itu gue, tiap tentu orang lain bisa berbeda dan itu wajar2 dan sah2 aja, betul friends?.. Yang jelas kenyamanan hanya bisa dilihat dng hati..Wallahualam

semoga yg simple bisa manfaat,

Salam nasi pecel dari pasar,
Maya












Tidak ada komentar: