20090716

Tips for Manager : Too much meetings!




Friends,

Pernah merasa isi waktu ada di kantor cuma meeettinnnngsss terussss?
Tiap hari dari satu meeting ke meeting yang lain? bahkan lunch aja juga dipake sambil meeting...lunch mtg bahasa sunda-nya hehe..

Lalu pernah ga, satu meeting belum selesai waktunya dah masuk ke meeting berikutnya...hhh...dan kalo dah gini yg paling repot adalah sang sekretasis, nyari waktu kosong lagi yg semua bisa emang gampang? hehe..kali gitu gerutunya ya...

Bagi yg gak kerja, tapi pasangannya atau kekasihnya kerja -- kalo kita ingin kontak atau telpon dia, kebanyakan jawabannya apa? Aduh maaf bu, bapak masih meeting...gggrrggrrh...

Pertanyaannya, kalau orang itu setiap hari meeting terus full, lalu kapan kerjanya? hehe...Atau kita dibayar untuk meeting..he..he... Pertanyaan yg sering ada dalam benak gue, dan ga pernah lewat dengan satu jawaban yang mantap dan jelas..he..he.

Yang ada, bagi bbrp orang justru kerja garap sst, malah setelah office hour hehe...Bisa jadi karena dia cenderung " a Nite person"...Kalo gue lebih cenderung " a morning person"...( yg akhir2 ini juga jadi a nite person he..he..)

Gue belajar dari salah satu executive orang asing, bagaimana dia efisieeeeeennnnn banget dalam mengelola waktunya. Orangnya simple, pinter, fokus, taktis, ga suka membuang waktu dng kegiatan yg bersifat buang waktu ( spt apa ya? ..golf..gosip he..he..) Dan meetingnya pun ga ada yg 3jam lebih...hahaha...ga kaya' gue, kalo dah meeting dan bahas sst suka going deeper...and deeper...lama2 ga selesai hihihi...

Aha!! gue tahu sekarang...jelas aja yg gue sebut exeutive tadi bukan di bidang HR!! dia dibidang Finance!! Gak-lah bukan di perusahaan gue sekarang kok..hehe.. Pokoknya effisien dan simple banget orangnya...even travel utk buss trip aja kadang dia ga bawa apa? melenggang begitu saja dengan santai....he..he..

Kalo kerjaannya di HR&O spt gue, kudu sedikit fleksible dan beradaptasi lah...kadang orang ga bisa di "cut" gitu aja...perlu ada konteks yg pas, emotional stage yg normal, sehingga pembicaraan effektif ( gak cuma efisien)

Gue mau coba ah di kantor: no more meeting more than 1,5 hour. Average meeting duration : 45 minutes ( paling pas buat gue, msh ada slot 15 menit sebelum ke next). Upayakan : 5 menit introduction, 30 menit dikusi, 10 minutes clossing & summary. hhm!! Langsung coba ah besok my first meeting at 8,30AM tomorrow!

Will report the result to yu all guys tomrow. So, hang on!!

Salam 45 minutes,
Maya

1 komentar:

Love Ma Fam mengatakan...

ha ha . . . .
45 minutes?!
let's make it 30 minutes at maximum!
karena kita akan butuh lebih dari 1 jam untuk kemudian membuat konsep bahan implementasi.. dan moga-moga birokrasi tidak menjadi penahan.. karena ini akan memakan seharian or.. bloody week!