20090719

My Life : 1001 Masalah? InsyaAllah ada Solusinya !


Allah SWT adalah sumber jalan keluar dan kebahagiaan

Friends,

Masalah apa saja yang pernah dan sedang teman2 hadapi selama ini?
Wah...kalau semua di kumpulin dan di bikin list pasti panjaaaaaaaaaaang.... gak cukup kertas tulis AA yg ada di toko buku untuk menampung ..he..he.

Pernah gak ngadapin masalah dari tingkat biasa aja, sedang, rumit, sampe kompleks ?
He..he 99,99% pasti ngerasa udah punya pengalaman "portofolio problem" yg lengkap, he.he.

Pas ngadapi masalah sering gak ngerasa : duh rumit banget sih, sptnya ga ada jalan keluarnya nih? Tapi ternyata belakang hari ketemu juga solusinya?
He..he..gue berharap dapet 99,9% jawaban yg optimis dr teman2. Yah paling gak lebih dari 70% deh..hehe..

Dalam hidup emang banyak banget masalah yg kita hadapi. Mungkin yg dihadapi teman2 beda yg gue hadapi, dan sebaliknya dng yg lain. Terlepas dari problem umum, tiap manusia tampaknya ada titik2 ujiannya masing2 yg ujung2nya ditentukan Tuhan Yang Maha Bijaksana. Baik itu dalam lingkungan rumah tangga, kantor, personal, bertetangga, keluarga besar, diri sendiri, anak,sekolah, dlsb.

Berdasarkan pengalaman gue yg semata semua dari Allah, alhamdulillah so far :

-44 thn hidup menghirup oxygen,
-22 thn until now full-time bekerja. So far di 5 organisasi beragam: international, multinational, global, nasional; various industries : manufact. to high-techs co, consultancy, group of companies; various sector from profit to non-profit (Unicef, PBB); diverse cultures (local to 25 nationalities)
-17 thn mendidik & mengasuh anak2:myIris 17 yo; my Tiara 14 yo
-10 thn menikah,
-8 thn single parent,
-7 thn mengabdi pd dunia pendidikan,
-4 thn divonis cancer
- less than 1 yr pacaran abis kuliah gagal, 3 bln tunangan gagal, menikah gagal
- 1 thn lbh no maid, no driver, alone with 2 teen daughters, working & driving
- 2,5 thn memberi ASI My Iris, 3 thn ASI My Tiara; 4bln ASI xlusive for both
- 3 thn masa kecil tinggal di hutan, tanpa listrik, dikelilingi harimau, burung hantu, ular
- 2 thn study Master degree sambil kerja full-time
- 1 thn study MIT-Sloan program sambil kerja full-time
-5 thn terlibat dlm kegiatan di communities, masyarakat dan organisasi,
-15 thn networking dng dunia luar, global
- 30 thn kedekatan hati dng agama islam

Maka berikut sedikit sharing gue, in any context : personal, professional, family life, etc,:

1. Apapun masalahnya walau sekarang terasa amat rumit, percayalah InsyaAllah ada jalan keluarnya.

2. Upaya maksimal jangan pernah henti. Cari alternatif cara, dan itu bisa unlimited.

3. Bila mentok, ya break bentar. Sambil coba keluar dr masalah, take "a helicopter view" atau pake "topi orang ke-tiga" spy bisa get " a big picture" secara rasional, sekaligus secara psikologis memberi "emotional space" jd lebih tenang melihat masalah.. Biasanya lalu lebih clear dalam melihat alternatif solusi.

4. Gunakan all resources we have : the right resources! Kadang gue tidak memanfaatkan alias lupa bahwa kita udah dikelilingi oleh resources (teman, klg, org tua, sahabat) yg bisa membantu kasih input utk memecahkan masalah kita. Istilah yg gue pakai : membantu lho, bukan memindahkan he..he.. Kenapa penting dibedakan? krn kalo kita cuma " memindahkan" memang mungkin bisa in short-term terkesan "beres" ...padahaaaalllll.....kenyataanya bukan masalahnya jadi gak selesai aja, tapi dijamin bakal timbul masalah baru lain lagi!! he..he.. Nah, "membantu" yg gue maksud yg terbaik menurut agama adalah dng "ilmu" .(...eiit bukan magic ya..) minta advis, input dan pandangan pd orang2 tertentu yg kita percaya bisa memperkaya wawasan kita dan secara genuine punya hati yg ingin menolong sebagai sesama manusia (*bukan malah ember, gosip, issue, nyebar luasin loooh...hehe..*)

5. Bila masih juga mentok. Upaya dah maksimal dan berbagai cara, akal dan resources. Nah ini berarti bisa jadi kita mulai memasuki wilayah (istilah gue) " untouchable" buat kita. Penting kita perbanyak doa dikala sedih maupun senang. Yg Islam, tafakur malam tahajud mohon petunjukNya... dengan tetap spirit ingin mencari solusi yg terbaik dan bulatkan niat baik anda. Tunggu deh...gak lama lagi InsyAllah akan ada solusi dari jalan yang gak diduga2....dan sering kali jauh lebih baik dari yg kita fikirkan.

6. Bersyukur 3x. InsyaAllah bukan saja tiap masalah ada jalan keluarnya... tapi tiap masalah ada manfaatnya! Kalau disikapi dng cara yg benar, masalah akan memberikan kita anugerah kekuatan dan kemampuan diri , yang bisa jadi Allah siapkan utk kita mampu menghadapi di tingkat yg lebih tinggi lagi - yang bisa berarti untuk amal dan manfaat yg lebih luas lagi!!

7. Walau lagi ngadepin masalah tetap upaya senyum dan nikmati every moment sebisa mungkin... karena kalo nuggu masalah selesai baru kita bisa senyum/happy, wah mungkin bakalan gak kejadian tuh..he..he Pengalaman gue, sering kali senyum dan coba rasa bahagia itu bisa membantu kita tegar dalam mengatasi masalah. Nah disini lah pentingnya adanya dan di kelilingi oleh orang2 tercinta dan tersayang.. Datangi mereka, minta peluk, cium dan sayang... sharing kegundahan dan keresahan yg dirasa...dan dekatlah lahir bathin padaNya, sehingga hati kita menjadi tenang..Alhamdulillah.

Friends, jelas pengalaman gue terbatas dan besar kemungkinan all friends punya pengalaman yg lebih kaya. Buat gue, semua pengalaman adalah anugerah Tuhan membuat gue bersyukur dan bahagia dimana pembelajarannya wajib gue balikin lagi ke sesama dan masyarakat agar manfaat. Wallahualam

Semoga yg sedikit ini bisa bermanfaat to all friends &keluarga, dan semua. Amin

Hanya Allah SWT sumber segala kebaikan dan manfaat. Alhamdulillah 3x

Salam tetap semangat,
Maya

Tidak ada komentar: