20090727

Leadership breakthrough : No more dilemma !



Friends,

Semua leaders pastilah ingin berhasil. Gak ada pemimpin yang tidak ingin berhasil dalam masa kepemimpiannya, ya gak? Apalagi bila kira diberi tanggungjawab yang luar biasa besar dalam situasi yang sulit seperti ini…pilihannya cuma dua : berhasil atau sangat berhasil !! he..hehe..

Hampir semua leaders bila ditanya apa yang menjadi kunci utama bisa dipastikan jawabannya pastilah: people. Tapi apakah kenyataannya demikian? Tidak sesederhana itu dalam implementasinya.

Why? people adalah investasi, dimana hasil akan dirasakan tidak instant tapi perlu waktu. Sementara dlm bisnis biasanya tdk toleran dng waktu, alias dituntut untuk cepat terlihat. People focused? Sebuah dilemma?

Ada beberapa input breakthrough utk mengatasi dilemma ini :

1. Lakukan cost obsession (bukan cost reduction) setiap saat baik dalam suka maupun duka..he..he. Cost obsession adalah lebih bersifat mind-set untuk penghematan dalam segala sisi agar mendapat value yg lebih besar/ Bukan sekedar pemotongan semua cost terlepas dari valuenya ( cost reduction)

2. Temukan intervensi sisi people yg jangka pendek; dan jangka panjang. Yg jangka pendek adalah untuk mengisi kekurangan ( filling the gap) untuk kebutuhan saat ini; sedangkan intervensi people yg jk panjang adlaah untuk prepare for the future. Fokuskan untuk yg jk pendek 80% sedang yg jk panjang 20%; bergerak dng balance atas keduanya;

3. Budget? Tentu kita harus minimize the cost untk tahun ini agar bisa dipakai investasi utk tahun depan ( future) – kalau kita bisa tahan cost kita 20% tahun ini utk preparation jk panjang. Fokus pada yg memberikan kontribusi terbesar pd personnel cost kita.

4. Ada beberapa kegiatan yg “free of charge” he..he…dan berkaitan dng people,misalnya;
a. Knowledge sharing
b. E-learning
c. Coaching – mentoring
d. Train for trainers
e. Sharing best practices (internal)

5. Culture – anda bisa ambil satu topic ini secara serius, termasuk menerapkan values2 yg ingin anda tanamkan dalam perusahaan. Culture bisa sekaligus menjawab sekaligus masalah saat ini dan jangka panjang.

6. Akan sangat powerful and breakthrough bila anda bisa menggabungkan item 5 dan item 6 dalam strategi. Sedang implementasi bisa dilakukan bertahap asal konsisten.

Semoga bermanfaat.

Salam people focused
Maya

Tidak ada komentar: