20090725

Strategy : Momentum is very critical




Friends,

Bagi yang ingin membuat perubahan besar, atau ingin mencari dampak signifikan, atau sekedar mencari perhatian publik , maka dalam menyusun strategi ingatlah satu kata : momentum.

Momentum dianggap sangatlah penting, karena perubahan ( baik itu kebaikan ataupun kekacauan) akan berdampak maksimal dibanding dng yg tidak menggunakan momentum.

Inilah juga yang tampaknya menjadi bagian strategi para teroris yang melakukan bom di JW Marriot an Ritz Carlton. Momentum yang bisa menjadi pertimbangan mrk : Pemilu lagi menghangat ; Masyarakat sedang menunggu pertandingan Sepak Bola kelas dunia MU; Investors Asing dan CEO Perusahan-perusahaan Asing lagi ngumpul di situ dalam rangka breakfast meetings.

Menurut pengalaman gue, ada beberapa point penting agar kita mendapat momentum yang tepat, khususnya dalam dunia kerja :

1. Tetapkan dahulu apa tujuan dan sasaran program anda.
2. Lakukan SWOT Analysis (Strengths , Weakness, Opportunity, Threat) . Hal ini untuk mngetahui konteks percaturan kompetisi yang ada, posisi anda sehingga bisa diketahui value proposition berikut fokus kegiatan yg sebaiknya diambil
3. Temukan Gap yg intinya adalah perbangdingan tujuan dan kenyataan yang ada.
4. Gap lalu diisi program. Dalam implementasinya, ada kegiatan dalam dan luar. Momentum dalam aktifitas keluar, akan cenderung berkaitan dengan O-T . Perhaikan yang lebih relevan dengan fokus kegiatan. Sementara yg cenderung internal adalah yg berkaitan dengan S-W
5. Apabila sudah mulai diimplementasikan, maka hendaknya kita tetap melakukan dengan maksimal agar momentum tetap terjaga.

Semoga yg simple ini ada manfaat.

Salam momentum,
Maya

Tidak ada komentar: