20090801

Great Friends





Friends,

Memiliki sahabat dan teman dekat yang enak diajak bicara serta bisa apa adanya itu sangat berharga banget khan?... Bisa betul2 releasing tension yang mungkin gak perlu membebani pikiran...he..hehe..atau cuma sembari chit - chat ngalur ngidul...gak jelas..sampe serius santai sharing information dan ideas..tambah wawasan mental emosional..spiritual...atau bisa aja sekedar kepingin ketawaaan ha..haaa....hehe..yang penting follow the flow..and having fun ya gak?

Kalo gue coba trace back perjalanan hidup gua, dari kecil gue termasuk yang alhamdulillah dilahirkan dan dibesarkan org tua gue untuk relatif mandiri dan eksesnya mungkin banyak memberi kesan gak membutuhkan teman...bisa jadi sudah gawan bayi alias apa adanya bawaan dari Tuhan..bisa juga ya merasa comfortable aja sendiri dan berteman dengan semua dan gak harus nge-gank, bahkan sejak sekolah dan kuliah.

Dari dulu emang gue lebih senang punya aktivitas yg bervariasi, beragam di sekolah, luar sekolah, lingkungan, dan punya banyak teman di berbagai komuniti. Nah kebiasaan banyak kegiatan di berbagai lingkungan membuat gue cenderung bergaul dan bertemannya melebar dan tidak mendalam. Jarang punya kesempatan spt beberapa teman2 lain di sekolah/kampus, misalnya yang bisa rame2 se gank kemana2 bareng .. Dan gue feel ok saja krn emang jadwal gue gak bisa intens di satu tempat. Semua ada pros dan cons tentunya, pro-nya gue berteman meluas, cons- gak punya sahabat yg kenteeel banget yg terus bareng dari masa kecil sampe tua..gleg!.hikhik...hehe..yg ada sahabat SD, sahabat SMP, lalu SMA, Kuliah, sahabat di gank kompleks, sahabat dikomuniti A, B, C, etc...he..he

Terlepas dari itu semua, yang menurut gue "sama dan sebangun" soal persahabatan dan great friends adalah yang namanya persahabatan atau pertemanan itu tidak bisa dipaksakan, ada elemen perasaan nyaman tumbuh dng sendirinya dlm diri kita. That's it! Nah kalo dipaksakan gimana bisa feel comfortable njalaninya..ya gak? he..he

Dalam perjalanan hidup gue, semakin gue sadari betapa beruntungnya kita bila dikelilingi oleh teman2 yg baik dan tulus, dalam arti bisa menerima kita apa adanya. Kata " menerima kita apa adanya " adalah kunci di sini. Karena banyak kita jumpai kenyataan yg seringkali berkebalikan dari itu...he..he... Well, alhamdulillah I am blessed with friends walaupun gak berlimpah ruah tapi penuh dng kualitas yg spt itu di sepanjang hidup gue... Buat kita yg hidup jaman sekarang dengan aktivitas kita sendiri yg sudah full, rasanya gak perlu yg macem2 atau bergaul yg banyaaaaak tapi cukup punya bbrp yg kita rasa nyaman, enak ngobrol, ketawaan ngertiin, ga ember , asiiik , terima apa adanya, juga koreksi kalo kita salah..(ga' gampang lho..hehe). genuinely ngebantu kita, bukan utk menjd org lain, melainkan spy kita tumbuh maksimal sesuai potensi unik yg ada di diri kita masing2..and njalaninya soo fun & comfortable...nah itu yg gue sebut sebagai : great friends...gue sangat grateful kepada Tuhan YME atas anugerah ini....Alhamdulillah gue now punya di bbrp komuniti ..bahkan buat gue ada yg rasanya kita udah jadi part of a family...oh Thanks God!


Nah, masih soal great friends, sedikit belajar dari salah satu maha guru HR & Leadership Prof Dave Ulrich, gue ketemu di slh satu event, beliau mengatakan di kantor kita perlu punya good friends. dan di luar kantor kita ada great friends. hehehe..he. Intinya kenapa kita perlu punya great friends di luar kantor, karena beliau mengatakan itu bikin kita gak di"evaluasi" dengan "label" tertentu...bisa berbuat salah dan melakukan apa adanya walau kita gak ahli di bidang itu tapi kita suka. Untuk Prof. Ulrich yang dari bidang akademisi dimana soal keahlian sangat menjadi tolok ukur pendapatnya ini sangat relevan dan make sense. Karena lingkungan pendidikan hirarki masih sangat kental...akan lebih luwes tentunya kalau dr sektor industri. Prof Ulrich lalu menceritakan bahwa diluar dari kegiatan di akademisi yg sangat full, dia menyempatkan main basket dekat lingkungan tempat tinggalnya..sudah 3 tahun terakhir...Beliau sangat menikmati krn disana dia "nobody", main kalah terus atau gak dikasih kesempatan karena "ketidakmampuannya" ya ga masalahh..hehe.....Suatu ketika salah satu dari pemain basket yg masih sangat muda2 itu browsing internet dan secara gak sengaja menemukan bahwa yg selama ini bermain dng mrk adalah seorang maha guru kelas dunia. Si anak ini dng terheran2 bertanya kenapa udah jadi Prof maha guru kok ikut basket tiap sore dng kami anak2 lingkungan biasa? Jwban Prof Ulrich singkat : "I feel comfortable!"

Semoga sharing yg simple ini jadi manfaat

Salam great friends,
Maya

Tidak ada komentar: