20090816

Life Education : Marathon, Sprint or both?





Friends,


Temen SD gue waktu reunian spontan komentar : "may, kaki elo emang panjang ya, masih inget gue gmana elo dulu kalo lari cepaaat ..jago.. banget.." lalu dng lancarnya ditimpalin yg lain cerita gambarkan detil-detil dulu..saat lomba, olah raga, etc etc. Gue cuma tersenyum (* my mind puzzled*) sambil dlm hati mengkonfirmasi utk kesekian lagi ..bhw kalo itu bener, betapa lemah dan terbatasannya memory gue, dan betapa hebatnya memori2 temen2 gue yg begitu lancar cerita segala macam yearss ago...

Terus terang, kalo gak diceritain begitu ama sobat2 kecil gue, dah lupa. Soal ini, gue ga pernah ingat jago lari cepat apalagi merasa kaki gue panjang. ha?!.boro2' deh.. hehe... Ternyata, waktu ketemuan temen SMP dan SMA juga adaaa aja yg nyeletuk soal yg satu ini, mulail lg gimana asiknya gue waktu olah raga or perlombaan lari sprint dan marathon di lap banteng, etc etc..Nah, Sekarang bikin batin gue geli sendiri dan biasa lalu kemana2 haah: "Gue jago lari waktu sekolah, dan banyak yg bilang larinya cepaaatt.. hehe ..Pantesan tua'nya spt sekarang kali' ya..: larinya cepaaaat... dari kehidupan!! whaaa..haa..ha.. gue emang payah, bah!!

Ok. ok. (** mood serius donk**) Lalu apa arti pengalaman itu dlm kehidupan kita setelahnya dong? Well, Jawaban langsungnya : olah raga membuat badan lebih sehat, hingga alhamdulillah gue hingga saat ini dianugerahkan Allah kondisi yg relatif sehat. Cuma itu? Apa ada makna lebih dari itukah?

Beberapa pembelajaran yg at least berkaitan dlm kehidupan yg gue pelajari dari orang lain, alami sendiri dan observed dari lingkungan gue berikut:

Dalam menjalani hidup :

1. Seperti mau start perlombaan lari sprint : ketika posisi ancang2 badan diturunkan dan 2 kaki dan telapak diposisikan dng aturan dan presisi tertentu , mata dipusatkan :
a. lowering your ego – low profile, humble
b. positioningkan diri kita – sadar kita siapa dan dng siapa dalam konteks apa dan aturan main yg ada.
c. Optimis – penuh semangat
d. Fokus – posisi kepala dan mata mengarah ke depan
e. Planning : punya rencana pendistribusian energy dan kecepatan serta nafas yg berbeda bila sprint dng marathon
f. Sadar lingkungan : walau fokus, tetap dengar saat aba2 wasit “periwitan” berbunyi tanda “ go”! – bila telat in seconds aja akan terlambat dan chances menang berkurang! Maka gue maknai ini raihlah rejeki, bangunlah pagi karena sinar matahari sudah ”meniupkan go!” tanda harus bergegas bangkit dan lari

2. Saat berlari atau melaju : Kuncinya kita harus focus, dalam hal perhatian berupa fisik maupun emosi. Jangan menengokkan kepala ke kanan kiri melihat pelari yg lain, apalagi kalo sprint. Marathon masih bisa tp tidak ada gunanya dan hanya memperlambat. Perhatian terfokus juga dlm arti terhadap gangguan para penonton yang biasanya adaaaa aja komentar dan profokasinya hahaha…dan punya jagoannya masing2 hehe.
a. Fokus-fokus-fokus : saat eksekusi /implementasi pekerjaan atau saat bekerja di kantor atau dimana saja..
b. Jangan pedulikan gangguan ( teman, setan, org iseng) yang bisa jadi membayangi saat kita menjalani tugas dan kehidupan kita. Bila ada ajakan yg tidak jeas. Tanya pada diri sendiri : apakah in akan membantu sy atau mengganggu sy dlm mencapai tujuan akhir? And be prepared!!
c. Bila sifatnya sprint = tugas yg sdh emergensi, maka hrs lbh fokus ke satu titik hingga selesai.
d. Bila sifatnya lbh marathon = atur nafas dan sesuaikan dengan kemampuan anda. Jangan digeber di depan akhirnya habis di belakang. Kalo sesekali perlu minum, ga ada salahnya minum cepat (tapi sebelumnya sdh dipersiapkan..)
e. Emosi harus dijaga…tetap optimis, jangan biarkan pikiran merawang kemana-mana..ini belum sana belum etc etc( itu kelemahan gue hwhaha..)
f. Jalankan sesuai rencana as much as possible. Bila ngga tidak terkontrol dan ter manaje maka anda kalah karena acak yg akibatnya tidak mencapai tujuan/ goal.

3. Menjelang garis Finish : tambahkan dan gunakan energy turbo!! Membantu yg mungkin sdh lelah dan capai menjadi tambahan energy…dan niat maka kita akan melaju cepat pas di detik2 finish…Yesss , Menaaang..!!

4. Garis Finish : Tentu dalam perlombaan bila menang pasti kita senang. Senang dapat hadiah dan piala, senang krn kita merasa upaya kita ga sia2; senang dielu2 kan teman dan penonton; senang krn sekolah dan keluarga jd bangga dng prestasi kita. Dslb. Lalu gimana bila kalah? Apa kecewa krn tdk mendapat itu semua? Ingin menangis dan malu telah mengecewakan harapan org2 tersayang ? Kesel merasa semua sia2 ? Itu semua pasti pernah gue dan all friends rasakan dalam hidup …walau dng konteks yg berbeda2.

5. Garis Finish Kehidupan : Apa dalam hidup ada garis finish? Hmm.. Kita bisa punya variasi pendapat yg berlainan dan bnyk konteks dlm hal ini tergantung sudut pandngnya… Yang pasti, menurut gue semua pasti setuju bahwa pd akhirnya setiap dari kita akan tiba pada garis finish akhir dari kehidupan kita di dunia ini. Ya, kematian yg adalah sebuah keniscayaan. Di sini yg berbeda tentunya adh, -- gak spt perlombaan marathon --, kita ga bisa tahu kapan dan dimana garis finish kehidupan itu berada? Hehe.. Dan pendapt gue pribadi, ini bagian dari anugerah kasih sayang Allah kpd kita, spy kita tetap spirit dan optimis mencapai kemenangan berupa kebaikan dan amal2 di dunia semaaaksimal mungkin!!

6. By the way re. winning. Kalau marathon arti kemenangan adalah berhasil menaklukkan lawan, maka dalam marathon kehidupan, kita InsyaAllah akan menang bila mampu menaklukan diri sendiri!

Selamat menjalankan Ibadah Puasa Mohon Maaf Lahir dan Bathin..Semoga dlm menjalankan ibadah sebulan penuh semua tetap dlm lindungan dan bimbingan Allah SWT , sehingga kita memperoleh kemenangan mencapai ridho dan cintaNya dan menjadi fitrah kembali. Amin.

I guess..Hidup adalah kombinasi dari sprit, marathon and little bit of fun! Semoga manfaat dan tetap semangat!

Salam sprint and marathon in life,
Maya

Tidak ada komentar: