20090823

Mengendalikan hawa nafsu amarah



Friends,

Wah bulan ramadhan ini memang ajang kita untuk mengelola hawa nafsu untuk lebih kita kendalikan...Bukan utk dihilangkan krn kita bukan malaikat, dan bukan untuk diumbar krn kita bukan hewan. Sebuah statemen yg sdh amat sering kita denger khan.. Pertanyaannya gimana caranya dooong? Karena kita ingin sekali ibadah puasa kita kali ini benar maksimal ya ga?.

Dari beberp yg gue baca dan dengar dari para ahli agama ( gue sendiri bukan ahlinya), berikut hal simple praktis yg bisa menembak amarah apabila dia timbul - for whatever reasons - sehingga bisa lebih mudah dikendalikan:

1. turunkan posisi fisik anda ; bila anda berdiri maka duduklah - bila anda duduk maka berbaringlah...tenangkan diri dan dengarkan nafas anda.

2. berwudhu-lah segera : dengan air wudhu maka api amarah setan insyaAllah lenyap dan terkontrol

3. baca Al-Quran dan berdzikir : hanya dng mengingat Allah maka hati akan tenang..

4. berpuasa, adalah melatih manusia untuk mengendalikan amarahnya. Tidak saja hawa nafsu amarah, juga hawa nafsu atau keinginan untuk berumah tangga misalnya. Bila sdh memungkinkan maka bersegeralah berumah tanga krn itu salah satu ibadah, namun bila belum memungkinkan berpuasalah.

5. mind-set : ingatlah bahwa segala sst ada hikmah atau kebaikan yg tersirat dari kejadian baik atau buruk yg kita temui sehari2 . Bahkan pd taraf yg sdh tinggi, maka mind-set kita bsa di stel bahwa tdk ada kejadian yg buruk- krn semua adalah ujian untuk kebaikan dan hikmah dari Allah buat kita sebagai hambaNya..

Wallahualam..

Semoga artikel simple ini bermanfaat buat all friends. Berdoa kita mampu menjalankan ibadah ramadhan tanpa ada hambatan berarti dng mampu mengendalikan amarah secara bijak..amin ya Rabb.

Salam coool,
Maya

2 komentar:

Rismal mengatakan...

Maya, satu yg menjadi prioritas semua muslim adalah mengendalikan hawa nafsu, diantaranya amarah. Anak-anak saya memberikan catatan khusus pada saat awal ramadan untuk fokus disini.

Terima kasih atas catatannya

Salam
Rismal Adriansyah

Maya Soeharto mengatakan...

Hi Rismal. Makasih. Benar sekali, dan bagus juga ya kalo anak2 punya fokus khusus, spy bisa lebih terarah dng baik.. A good idea! Pls share more..more..:) spy bisa manfaat buat semua..

Salam buat klg,
Maya