20090824

Indahnya Islam



Friends,

Sempet lihat ga’ sesi Tafsir Al-Misbah pas sahur td? Subhanallah bagus banget… Biasa dng piawainya Quraish Shihab membahas Tafsir Al-Qur’an melanjutkan Q.S Al Maidah yg kali ini masuk ke ayat 2-3. Mau intip summary notes gue? Nih poin – poin utamanya :

1. Tegakkan keadilan, walau terhadap musuh yg paling kau dibenci. Perhatikan ada kata : “paling” disini. Artinya terhadap musuh yang paling kita benci saja Allah perintahkan kita untuk tetap menegakkan keadilan, apalagi bagi yg kurang dibenci ? hehe . Artinya Allah ingin mengingatkan kepada kita umat Muslim bahwa : “Jangan sampai kebencianmu yg luar biasa kepada kaum, menjadikan kamu tidak adil kpd mereka/musuh kamu”.

i. Islam mengajarkan untuk kita jangan berlebih2an. Kalau benci jangan berlebih benci, kalau cinta jangan berlebihan cinta hehe.. karena akan merugikan diri kita sendiri nantinya ( ** betuul sekaliii..hihii…**)

ii. Islam memerintahkan umatnya utk menegakkan keadilan terhadap siapapun, bahkan pada musuh yg paling kita benci.

2. Kerjasamalah dengan siapapun ( islam, non islam) untuk meraih kebaikan bersama, dan bekerjasamalah untuk menjauhi keburukan . Jangan kerjasama yg menyangkut perbuatan dosa. Misal ayuk sama2 korupsi, agresi atau bunuh orang , dosa atuuh! 

3. Ada makanan2 yang diharamkan Allah swt ( mis : babi, mati tercekik, darah, etc), kecuali dalam keadaan yg sangat terpaksa. Larangan2 tsb semua itu kalau diruntut2 ujungnya adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah untuk menjaga umatNya terhindar dari keburukan agar memperoleh kebaikan yg bermanfaat utk manusia itu sendiri.

4. Ajaran agama sudah sempurna . Nikmat dari Allah sudah disempurnakan , termasuk rezeki, jangan pikirkan tidak sempurna dan tidak perlu mencari yang haram. Pernyataan ini turun dari Allah setelah Rasul menyelesaikan haji wa’da. Seakan sebagai penutup, artinya semua ketentuam hukum sudah ada, dan Aku cukupkan kepadamu nikmatmu.
Saya sdh rela islam d agamaku : maksudnya kita ini terlahir punya utang kpd Allah – kita pasti tdk mampu membayar nya.. lalu bagaimana caranya? Datanglah berserah diri kpd Allah – wajahku kudatangkan ke Allah ( mis saat shalat)– terserah Allah mau apakan – Dan Allah mengatakan sy rela, bhw pembayarannya itu denga cara dengan datang kepadaNya untuk berserah diri.

5. Agama adalah menyerahkan diri kpd Allah swt dan mengikuti apa yg telah diatur dan ditentukan oleh Allah swt dengan sepenuh hati.

Subhanallah..

Again, If you want to explore and understand more about Al-Qur’an: Tafsir Al Misbah by Quraish Shihab at 3 am at Metro TV every day!

Semoga bermanfaat buat all friends. ..

Wasslam ,
Maya

Tidak ada komentar: