20090829

Islam itu Nikmat


Rawdah, Mesjid Nabawi


Aslm Friends,

Sempet nyimak Tafsir Al-Misbah pa’ Quraish ga? Hmmm indah dan nikmat sekalii, Subhanallah. Nih gue share notes gue, gabungan 3 episode senin ,selasa, rabu kemaren tentang : perkawinan ,wudhu dan keadilan. Moga2 manfaat buat teman2:

1. Yang halal jelas dan yang haram jelas, tapi diantar keduanya samar2. Maka di sini sebaiknya kita mengikuti mana yg membawa keadilan dan kebaikan sesuai inti ajaran Islam

2. Diperbolehkan lelaki menikah dengan perempuan yahudi dan nasrani selama perempuan benar. Tapi tidak diperkenankan perempuan muslimah menikah dengan bukan lelaki mulim, karena dikhawatirkan bisa beralih agama karena pengaruh lelaki sebagai kepala rumah tangga.

3. Sebuah perkawinan tujuannya adalah sakinah mawadah dan memelihara kehormatan. Oleh karena itu perlu diumumkan dan dibuka ke umum

4. Banyak cara akibat penafsiran berbeda tentang wudhu. Tidak usah dipermasalahkan sejauh dibenarkan oleh agama. Penafsiran yang berbeda2 itu bisa ditampung.

5. Ingat –ingatlah nikmat Allah kepadamu. Nikmat dalam bahasa Al Qur’an artinya Islam. Kesenangan di akhirat.

6. Refer item 5, dalam konteks wudhu dan tayamum, berarti Allah menyempurnakan agama ini. Allah menyempurnakan nikmat dalam agama Islam ( Subhanallah…)

7. Semua ayat2 yg memerintahkan sholat dlm arti sembahyang di Al Qur’an mengandung perintah untuk menegakkannya dng sempurna.

8. Sholat itu ucapan dan perbuatan, melaksanakan sst secara sempurna; artinya dalam sholat semua ucapan gerakan harus sempurna. Allah menggunakan isitlah “ menegakkan” sholat; yg tidak sekedar melaksanakan; tetapi menegakkan secara sempurna, termasuk dlm wudhu.

9. Tujuan berwudhu adalah mensucikan diri lahir dan bathin. Dengan petunjuk ini Allah telah menyempurnakan pada umat manusia, termasuk nikmat beragama.

10. Takwa bisa dalam arti lebih dekat (dng Allah). Takwa bisa diartikan terhindar dari siksa tapi belum tentu menghantar ke puncak takwa. Di akherat nanti ada orang yg terhindar dari neraka; dia ditempatkan batasnya sejengkal dari neraka. Berbeda dng yg mencapai puncak takwa, mereka di surga firdaus.

11. Islam mengajarkan utk kita selalu bersikap adil pada siapapun, termasuk pd musuh2

12. Adil adalah menuntut sebagian dan memberi sebagian kebaikan. Ada yg lebih tinggi lagi tingkatannya dari Adil yaitu: Ihsan. Ihsan adalah menuntut hanya sebagian dan memberi lebih banyak kebaikan. ( woow..)

13. Bagaimana caranya untuk mendapat pertolongan Allah (dari segala bencana, serangan org kafir, binatang buas, nafsu diri, etc). Singkatnya : tolong agama Allah dng cara laksanakan dia. Karena sst yg baik bila hilang maka tdk ada yg meneruskan, shg yg buruk akan menyebar yg lama kelamaan itu dianggap normal. Walu sedkit tetapi baik dan terus laksanalan ssi ajaran Allah, maka akan mendpt pertolongan dr Allah.

14. Singkatnya : Mau ditolong Allah? Maka laksanakan agama, bela dia, pelajari dia, sebarkan dia . In short, bela Allah, pasti Dia bela kita.

15. Rumus : Siapa yang takut pada Allah, Dia menjadikan semua takut padanya.; Siapa yg tidak takut pada Allah, maka semua dia takuti, bahkan dia takut pd dirinya sendiri.

16. Islam mengajak kita untuk selalu merenungkan nikmat-nikmat Allah. Islam mengajak kita untk berpihak kepada Allah, selalu berlaku adil pada siapapun.
Subhanallah..nikmatnya Islam..

Gue merasa beruntung banget beragama Islam ..terbayang gimana perjuangan Rasul dan cinta beliau pd kita umatnya…Ingat kata2 beliau terakhir saat menjelang kembali ke Allah SWT, beliau panggil kita: ”umati..umati”….

Ya Rabb.. I love u full Allah and Rasulullah..

Semoga notes yg sederhana ini bermanfaat buat all friends,

Salam nikmat Islam,
Maya

Tidak ada komentar: