20090816

Pendidikan cinta Negeri






A Question dari pemerhati pendidikan generasi muda Indonesia :

" Do you agree if a "new" Pramuka becomes a mandatory program for all levels of Education Institutions & Schools in Indonesia with the objective to prepare our young generations for a better Indonesiaku in the future? "

Friends,

Mungkin pada tanya : What do you mean by a "new" Pramuka ? Gue belum tahu teknisnya, tapi yang jelas lebih dilihat dari sisi content dan objectivenya yg mungkin bisa memperkokoh sesuatu yg sudah baik dalam kegiatan pramuka yg ada sekarang dan lebih memperkuat dan meluaskan lagi sehingga memenuhi kebutuhan membangun anak2 muda dan remaja secara holistik : fisik, mental, spiritual, karakter, psikologis, lingkungan, intelektual, interpersonal serta culture.

Gue sangat percaya bahwa anak2 Indonesia itu luar biasa potential dan pinter2...Tidak kalah bahkan dibeberapa gue lihat langsung lebih baik dari negara2 lain yg selama ini kita anggap lebih baik. Secara potensi ya. Secara performance kalau belum tampil maksimal itu berarti ada sisi pendidikan kita yang bisa kita perbaiki lebih baik lagi. Intinya bagaimana menjadikan anak2 kita menjadi generasi yg berhati dan berjiwa bangga dan cinta indonesia sekaligus berkemampuan, memiliki confident, keluasan pemikiran serta keluwesan global sehingga insyaALlah akan bersaam2 dng pemimpin2 yg sekarang yg lebih senior membawa Indonesia setara dng negara2 maju, bergabung menjadi 3 besar Asia : india, china dan Indonesia

Gue bukan ahli dlm urusan pramuka, gue cuma sedikit tahu masalah pendidikan dan dulu waktu remaja ikut beberapa kegiatan di sekolah dan masyarakat lingkungan: karang taruna, remaja mesjid, osis, senat, organisasi2 pedidikan dan kemasyarakatan, patroli keamanan sekolah hehe.., club OR, dlsb

Kenapa Pramuka? Sederhana. Sebagian besar ahli mengatakan untuk melakukan perubahan yg lebih baik dlm sistem yg sudah ada, maka kita lihat dari sistem itu apa yg sudah ada, bekerja dan baik. Gue tertarik dan punya semangat ingin ikut mengembangkan generasi muda indonesia yg unggul, dan wadah yg sudah ada dan pas adalah Pramuka. Tinggal kita perkuat dan ajak pelibatan pihak lain untuk berperan bersama, istilahnya: berkolaborasi.

Dan, gue juga agak prihatin melihat perkembangan yg ada kurang adanya penyaluran kegiatan2yg positif untuk anak remaja yg ingin berekspresi menunjukkan jati diri dan kemampuannya, yg memang normalnya anak2 usia remaja or dewasa awal. Mungkin kurang ada wadah yg pas dan asik maka, bisa penyalurannya bisa dlm bentuk yg macam2. Yang bisa menyalurkan positif tentu baik spt OR, Kursus & Belajar, Naik gunung, etc, Namun tdk semua positif, ekses bisa misalnya tawuran, obat2 terlarang or terlibat jd korban profikasi para teroris, depress, dlsb.

Para anak2, remaja, pemuda perlu kegiatan yg aktif dan konstan serta manfaat untuk lebih independen dan memiliki masa depan. Mungkin bentuk kegiatan2 Pramuka bisa di perbarui, modern dan diperluas termasuk masuk ke life style tanpa menghilangkan esensi mendasar dan penting yg selama ini sudah ada dan dibangun. Terfikir juga pentingnya pelibatan dan kolaborasi all tri-sectors ( pemerintah, business dan community) utk bahu membahu saling membantu terlibat mewujudkan bersama program2 pendidikan yg berkaitan dng pengembangan leadership generasi muda dan cinta negara yg gampangnya gue sebut a "new" Pramuka sehigga semua upaya bareng kita bisa mempersiapkan our young genertion memimpin Indonesia utk masa depan yg jauh lebih baik kondisinya dan makmur rakyatnya. ( sayup2 terdengar : " Indonesia..Tanah Airku..Tanah Tumpah darahku...)

So, Apa jawaban all friends thd pertanyaan di atas? Agree or Not agree? If not, ada Usul?

Let's sharing ideas! Thx

Salam generasi muda Indonesia tercinta,
Maya

Tidak ada komentar: