20090306

Be courteous to children



Friends,

Pernah meminta bantuan ke anak kita dengan kata2 yang kasar? or biasa?

Menurut pakar, bila meminta bantuan kepada anak kita sebaiknya kita menggunakan kata-kata yang baik dan sopan seperti layaknya kita bicara dan meminta bantuan kepada orang dewasa. Walau bisa aja intonasinya kita soft-khan dan tidak seformal bila bicara dengan orang dewasa. Yang penting pilihanlah kata-kata yang baik. Misalnya, yang biasa gue lakukan : “Sayang mama , bisa mama minta tolong ambilkan….atau Mbak/ade, nanti bisa tolong beritahu supir untuk jemput mama di….”

Dan setelah itu dianjurkan untuk gak lupa mengucapkan terima kasih. Dan bila situasinya pas, kita bisa juga mengekspresikan betapa gratefulnya kita atas bantuan anak kita tersebut. Contohnya : “Makasih ya mbak/ade, sudah inisiatif jemput mama di bandara mama senang dan merasa beruntung punya anak2 seperti anak2 mama…”

Apa manfaatnya? Anak akan juga melakukan hal yang sama kepada orang lain. Mereka belajar bagaimana berbicara dengan baik dan penuh respek dengan siapapun walau lebih muda. Selain itu, anak akan mereasa dihargai orang tuanya yang bisa menimbulkan keyakinan diri/konsep diri dan rasa percaya diri yang merupakan modal penting dalam kesuksesan berinteraksi dengan orang lain , teman-teman, guru-guru maupun berprestasi di sekolah.

Simple ya ? Moga yang simple ini manfaat

Salam sayang anak,
Maya

Tidak ada komentar: