20090307

Pendidikan Anak: Persaingan antar Saudara



Friends,

Sibling Rivals gitulah coro enggrisnya hehe...

Want your children to grow up as friends? Ini tips dari Parentlineplus.org.uk

Perbedaan Usia
Perbedaan usia membawa konsekuensi perbedaan dalam tingkat perkembangan belajar. Berikan permainan yang bisa dinikmati oleh semua tingkatan umur mereka,sehingga semua bisa berpatisipasi. Arahkan sang kakak untuk membantu sang adik beraktifitas, si kakak akan merasa berarti karena telah membantu si adik.

Jangan cepat2 menyetop argumentasi yg berlangsung diantara mereka
Adalah sebuah pembelajaran yg sangat bernilai untuk mereka apabila anak2 tersebut dapat menyelesaikan sendiri perbedaan argumentasi yang terjadi diantara mereka.

Jangan berpihak,
karena akan menimbulkan prasangka bahwa orang tua punya favorite pada anak tertentu.

Beri pujian.
Pujilah mereka saat mereka bisa bermain dengan baik dan akur. Kalau OT berkomentar hanya pada saat anak melakukan kesalahan, maka mereka akan mempersepsikan itulah satu2nya cara memperoleh perhatian orang tua.

Ajarkan
Beri pengarahan/ajarkan cara untuk saling bersikap kooperatif. Dalam bermain, bersedia untuk saling bergiliran misalnya dalam menggunakan mainan, etc

Ingatkan
Ingatkan anak untuk mencoba menyelesaikan suatu masalah hingga tuntas. Apabila mengalami kesusahan dan mereka tidak mampu menyelesaikan, ingatkan untuk memberitahu OT yang mungkin bisa membantu dengn baik

Empati
Ajak anak untuk berfikiran di pihak lain. Tanyakan bagaimana menurut dia perasaan dan pikiran saudaranya, dan apa yang akan dilakukan bila dia dalam posisi lain/saudaranya. Latih anak untuk mulai mampu berempati.

Tetap tenang/calm.
Dalam mengahadapi perbedaan yg ada sehingga anak juga tidak terlalu menganggap hal yg perlu dubesar2kan dan membuat anak lebih bersedia mendengarkan OTnya

Semoga manfaat,

Salam happy sibling,
Maya

1 komentar:

Iwan Wijayanto mengatakan...

kalo untuk yg udah terlanjur gimana mbak? hehe...anak ku udah 5 yrs apart....tp si kecil merasa ortunya lbh memperhatikan mas nya..
berantem udh kaya minum obat..3x sehari..