20090314

Leadership : What Great Leaders do?




Friends,

Banyak sekali referensi yang mengulas tentang leadership. Termasuk kriteria dan karakteristik seorang leader yang hebat dan sukses. Mungkin membahasnya –pun tidak cukup 2 kali workhop @ 3 hari hehe.. maupun tidak cukup membacanya dalam tumpukan buku alias text book yang dah lebih tebal dari bantal :)

Sungguh sangat banyak sekali buku yang bertema tentang leadership. And yet – dalam realita alias prakteknya tidak selamanya bisa sama diterapkan satu konteks dengan konteks lain, baik dalam satu perusahaan, negara, community dengan yang lain.

Menurut pengalaman gue dan juga diulas di beberapa referensi yg gue baca, "test" yang paling pas untuk melihat adalah saat leaders in action ( bukan di teori aja)- that's called "the moment of truth! Ada 3 hal esensal dilakukan oleh banyak great leaders:

1. Leaders make decision and take a risk. Apakah teman2 pernah menemukan seseorang dalam posisi kunci dan diharapkan sebagai leader tapi gak berani dan gak mau mengambil keputusan? Pernah liat seorang leader dalam krisis memilih menggantungkan masalah alias tidak ambil keputusan? Seorang leader akan di test apakah dia benar2 seorang leader sejati apa gak adalah pada saat "tough” berani gak dia ambil keputusan yang beresiko ( calculated risk). Pengalaman nyata menunjukkan bahwa dalam situasi apapun lebih baik seorang leader mengambil keputusan yg terbaik untuk saat itu ( or the best from the worse) dari pada diambangkan tidak mengambil keputusan sama sekali alias membiarkan situasi tidak jelas.


2. Leaders anticipate changes. Seorang leader pasti berhubungan dengan perubahan ( changes ). Dan sudah hukum alam bahwa Cuma ada satu yang gak berubah yaitu perubahan itu sendiri ( heheh mubet ya..) Artinya suka tidak suka kita semua harus menghadapi perubahan, dimanapun dan apapun konteksnya. Seorang leader dengan perspektif helikopternya ( helicopter view) mencoba melihat kedepan dan mengantisipasi hal2 yang mungkin terjadi dan bisa terjadi. Termasuk opportunity dan risks /resiko yang mungkin terjadi. Mencoba mencuri start untuk mempersiapkan kemungkinan2 seara potensial yg akan terjadi. Dia bisa jadi tidak persis tahu apa yang akan terjadi, namun karena sudah antisipasi maka dia bersama team akan lebih siap dengan rencana,jurus2 ( alias strategi2) dan kontigensi plan alias plan A, B dan C…

3. Leaders develop people. Nih yang gak kalah pentingnya. Gak guna ada leaders tanpa followers. Dan great keaders ingin membawa kebaikan juga untuk orang lain/ team/people maupun organisasinya. Dia hidup dan berhasil bukan hanya untuk dirinya. Peningkatan dirasakan sampai ke level individu karena teamnya ikut tumbuh dan berkembang dalam pengetahuan, semangat dan kemampuan mereka. Sehingga biasanya leaders begini disayang dan direspek oleh teamnya.

Apakah diri kita sudah demikian? Apakah leaders kita menunjukkan tiga hal dia atas? Jawabannya teman2 yang lebih tahu… :)

Semoga bermanfaat,

Salam to all leaders,
Maya

Tidak ada komentar: