20090315

Intrapersonal Leadership



Friends,


Istilah dan pengertian diatas pasti dah nggak asing khan buat teman2? Bsa elo dapetkan di berbagai referensi dari pakar2 leadership, mulai Steven Covey sampe Peter Senge.

Intinya sebelum bicara sebagai leader untuk orang lain. Seseorang harus mastery alias menguasai diri sendiri dahulu, alias menjadi leader untuk diri sendiri. Ini sangat fundamental. Sepertinya gampang diomongin, tapi gak semudah itu realisasinya…hehe

Kalau Covey dam bukunya 7 Habits of Highly effective People, seseorang memuali journey leadershipnya melalui 3 hal : 1. menjadi proaktif ( tidak reaktif), 2. mulai dengan tujuan akhir ( begin with the end in mind) berisi apa visi alias tujuan kita dalam hidup ini ( hehe beraat…tapi penting lho!! Heh) dan 3. berfikir win-win ( naah ini yg dalam realita gak semudah membalikkan dua belah telapak tangan… karena kita sejak kecil disekolah kita dibiasakan berfikir kompetitif.., bener khan? :)

Peter Senge dalam bukunya the Fifth Discipline Fieldbook menggambarkannyanya dalam sebuah analogi dimana individu adalah sebuah bagian dari “ living organism” yang saling kait terkait dan saling membutuhkan. Bagaimana seseorang mengartikan keberadaannya dalam sebuah entity yang lebih luas. Seorang leader hendaknya menemukan perannya dan kontribusinya dalam living system-nya. Antara lain bagaimana seorang leader memberi kebaikan, pelayanan, menciptakan arti bagi diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan yang lebih luas. Ada istilah menarik dari Don Burr, former founder of People Express ( airline) : ketika ditanya oleh para mahasiswa MBA dari Harvard. Mengapa dia tergerak untuk memulai industry ini? Jawabnya : M.A.B. W = Make A Better World..

Moga manfaat

Salam intrapersonal,
Maya

Tidak ada komentar: