20090326

7 Tata Krama FACEBOOK



Friends,

Jaman sekarang hampir semua orang memiliki facebook. Ada kelebihannya punya facebook, tapi banyak juga kekurangannya alias jadi bikin masalah :). Kompas Minggu sekitar 2 minggu lalu mengangkat topik ini dan membahasnya secara menarik.

Di keluarga gue perihal satu ini beragam, ada yang hobi banget ngecek facebook, ada yang sesekali, ada yang semula aktif akhirnya memutuskan untuk menutup gak mau aktif lagi, ada yang udah punya tapi cuma sebagai penikmat pasif, ada yang bener2 rutin komentar, ada yang gunakan facebook sesuai kebutuhan dan tujuannnya, maupun ada yg ekstreem gak mau punya facebook karena lebih menghargai kualitas hubungan daripada punya kuantitas tapi tidak riil :) hehe...

Facebook adalah hasil karya Mark Zuckerman, mahasiswa dari Harvard Univ, bermula 5 tahun yang lalu di awal bulan February. Baru berulang tahun, maka tidak heran bulan lalu banyak media membahasnya.

Dikatakan ( Tempo edisi 9-15 Febr 2009) seperti teknologi pada umumnya, selain berguna juga bisa jadi sumber bencana. Di Inggris, dua suami dihukum penjara seumur hidup setelah membunuh istrinya masing-masing yang mengubah status di Facebook dari "married" menjadi "single". Lagi-lagi di Inggris, juli lalu, Grant Raphael dihukum membayar denda sekitar Rp. 400 juta karena membuat " account" palsu dengan nama Mathew Firsht, mantan rekan bisnisnya. Halaman palsu itu berisi informasi yang salah dan menjelek-jelekkan Firsht serta perusahaannya,

Agar " pergerakan" di ruang maya tak sampai mencederai Anda atau peserta Facebook lainnya, berikut bbrp etiket yang ada baiknya kita perhatikan : ( ** Gue ambil dari Tempo, karena gue sendiri juga bukan ahlinya urusan memainkan facebook ...hehehe ngaku**)

1. Jangan bermain-main dengan "Relationship Status". Banyak masalah muncul ketika seseorang mengubah status, misalnya dari "married" menjadi "single" padahal dia tidak bercerai.

2. Bedakan pesan yg bisa ditayangkan di "Wall" dari yang hanya bisa disampaikan melalui "Message" kepada orang tertentu. Anda juga perlu tahu kapan dan siapa yang boleh Anda kenai "Poke", "SUper Poke", atau "Gift"

3. Jangan menceritakan secara terbuka pengalaman buruk ataupun affair Anda dengan seseorang, baik melali foto, video, maupun komentar. "Wall" pada Buku Muka bukanlah ruang terapi. Kalau ingin curhat, gunakan e-mail saja.

4. Agar tidak ribut, hindari meng-add kekasih baru, mantan pacar, istri, atau suami Anda.

5. Jika ingin meng-add bekas pacar, istri, atau suami sahabat dekat, sebaliknya bilang dulu ke teman Anda itu.

6. Lebih baik pakai perantara jika ingin meng-add orang yg belum anda kenal

7. Jangan membuat account palsu untuk "ngerjain" bekas pacar atau orang yang anda benci.

Gimana, friends -- setuju?

Semoga manfaat!

Salam Happy & Safe Facebook,
Maya

Tidak ada komentar: