20090102

Anak ikut kegiatan sosial




Friends,

Nih ada satu lagi ide cara mengisi liburan anak sekolah yaitu ajak meraka aktif ikut kegiatan sosial. Dua anak cantik gue, selama liburan beberapa kali mengajar di TPA/TK mesjid dekat rumah --- bahasa inggris ( oleh Ka' Iris, begitu mb Is disebut hehe..) dan menggambar (Kak tiara, gitu mereka panggil si Ade). Kegiatannya masing2 sekitar 45 minute each dan dilakukan secara simple, alamiah, relaks dan fun - kita nyebutnya maen-maen yuk..hehee...

Kenapa bhs inggris dan menggambar ya? Karena dua subjects itu yg anak2 cantik gue comfortable untuk mengajarkan/sharing, dan alhamdulillah persis juga dua itu dirasa penting dan dibutuhkan anak2 TPA/TK...Siapa anak2 ini? Mereka adalah murid2 TPA/TK mesjid Azzahrah ( dekat rumah gue) sebagian besar anak usia 4-6 tahun dari keluarga masyarakat sekitar kompleks dan kampung melayu yg agak kurang mampu....Alhamdulillah so far semua merasa berguna dan senang.

Setelah libur berakhir alias masuk sekolah, kegiatan sosial bisa diteruskan -- karena ambil alokasi waktunya di hari sabtu atau minggu. Nah, spy ringan buat anak2 tentu ga harus tiap minggu, misalnya 2 atau 3 minggu sekali dimana masing2 sekitar @ 1-2 jam sesuai kesanggupan anak2 dan teman2 tentunya. Menurut gue yg penting dirutinkan spy dalam karakter mereka sedikit demi sedikit terbentuk sikap sosial dan deket dengan masyarakat , ---- - sesuatu yg anak jaman sekarang kuraaaang banget, dibanding jaman kecil kita dulu, ya gak? Alias bisa ngebalanced gaya anak jaman sekarang yg hobby-nya komputer, games dan Mall...hehehe.

Kegiatan gini juga bisa merangsang terbentuknya rasa kemanusiaan dalam diri anak dan merupakan bibit pembentukan karakter leadership dalam diri anak yg sangat berguna unutk kesuksesan saat ini dan kelak mereka dewasa. Yang penting juga, orang tua-nya juga kudu ikut aktif di supaya bisa jadi role model anak...hehhe...Gue pribadi ngerasain juga banyaaaak belajar dari kegiatan ini... Yang jelas, gue lebih kenal lagi kemampuan anak2 gue, belajar dari si anak2 murid, jadi tambah luas silaturahmi, dan otomatis tambah rasa syukur gue ke Allah SWT.

Tentu banyak cara2 lain yg bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa sosial kemanusiaan anak sehari-hari , yg mungkin banyak teman2 sudah juga lakukan..yuk kita sama2 teruskan..

Semoga bisa jadi sedikit inspirasi dan manfaat

Salam cinta sosial,
Maya

2 komentar:

EK mengatakan...

Luar biasa, membayangkan saja sudah membuat saya terharu. Bangga! Terima kasih mbak Is dan Ade, you are the real angels in your age been staring your legacy

Maya Soeharto mengatakan...

Hi Ka,alhamdulillah makasih banyak ya ka komentarnya -- doakan semoga bisa terus...salam kangen,