20090118

Dua sosok yg dekat dihati gue



...Haruskah kupergi tinggalkan dunia
Agar kudapat berjumpa denganmu...


Itulah penggalan lirik dari lagu penyanyi legendaris chrisye yang gue denger di suatu tempat di sore hari itu... artikel ini tertriger dari cuplikan kata-kata sendu itu..

Dalam. Gitu kesannya. Penuh makna itulah kenyataannya. Terus terang mungkin orang akan terfikir gitu saat lagi frustasi, atau lagi sedih... Nggak semua orang emang, tapi gue yakin ada kalanya orang kalo udah mentok lalu pikir yang gak-gak hehe... (** ngaku nih hehe...**). Semua yang tidak kembali lagi karena sudah in the PAST, tiba-tiba menjadi memori yang nuntut mau masuk ke keadaan SEKARANG...hehe.

Kalo dipikir, dari dulu kalo gue lagi sedih -- biasanya " ngadunya" selain kepada ALLAH, yang gue ingat cuma dua orang, either itu yangkung - eyang gue dari ibuku tercinta; dan bokap gue(setelah beliau meninggal..). Eyang gue yang pertama kali ngajarin gue indahnya islam dan Al Quran saat gue masih SD awal, beliau meninggal waktu gue kuliah tingkat 1 -- sangat dekat dihati gue.. Sedangkan papaku adalah sosok teladan gue ( low profile tanpa banyak omong) memberi contoh bagaimana manusia secara aktual berusaha menjalankan ajaran agama islam dan sunnah rasul, -- begitu dekat hatinya, beramal berbuat baik sehari2 pd org lain, klg dan masyarakat.

Keduanya dekat di hati gue, dan sudah meninggal (gue lebih suka sebut berpindah alam..): fenomena apa ini?

Mungkin, ini pembelajaran dan nasehat buat gue... at least ini yang gue tangkap:

1. Beliau berdua sosok yang dekat dengan Tuhan, berarti kalo elo ( ** maksudnya disini gue, karena ini nasehat untuk gue **) sedih dan suasana apapun, tetaplah dekat dengan Tuhan
2. Beliau berdua sudah berpindah alam, berarti ingatlah bahwa suatu saat elo bakal ngalamin itu. Kematian adalah keniscayaan. Jadi hidup di dunia sekarang ini sementara, kalo elo sedih janganlah terlalu sedih. Nah kalo seneng atau dapet sesuatu, janganlah sok dan bersombong senang...Dunia ini tempat elo nanem, hasilnya elo ambil ntar di alam selanjutnya -- jadi ngitungnya jangan dunia aja...hehe
3. Kalo elo ingat atau kangen beliau2 maka kirimlah doa -- karena itulah yg mereka tunggu..
4. Ngikutin lagu chrisye yang ingin berjumpa "kekasih" di sana, maka elo juga harus ngikutin jejak mereka -- yaitu jadi orang baik, banyak manfaat dan beramal di dunia...maka elo akan insyaALLAH jumpa dengan Sang Kekasih, amin....
Wallahu'alam.

Jadi friends, buat gue challengenya sekarang adalah mesti belajar jangan hanya terbawa sedih ingat siapanya (yangkung or papaku), tapi lebih tenang meresapi makna dibalik itu-- seperti di atas itu loo....Hmmm buat gue yg bener2 cinta berat ama beliau2, gak gampang emang!

Well , at least gue mau coba, tull gak?

Moga manfaat

Salam makna,
Maya

Tidak ada komentar: