20090101

January 1, 2009 : Tips lebih baik dari 2008


Friends, alhamdulillah pagi ini kita masih diperkenankan olehNya menghirup udara pagi 1 January 2009... hmmmm segaaarrrr...

Gimana upaya kita supaya tahun 2009 lebih baik dari 2008?

Have a dialogue dan self-reflection
-- berikut tips yg gue biasa gunakan dng anak2 gue, and alhamdulillah so far it works! ...tentu bisa juga digunakan bersama pasangan dan anggota klg yg lain. Ada satu set pertanyaan standard kurang lebih begini, dengan contoh urutan yg paling pas buat gue:

1. Apa pembelajaran 2008 (+/-) ? Mana target yg tercapai mana yg belum?
2. Kegagalan adalah guru terbaik. Apa yg perlu diubah (di "delete") dari diri kita untuk 2009 spy lebih baik? (**mengubah diri sendiri adalah yg paliiiing suliiit...tp paradoksnya...itu justru yg paling powerful...apalagi kalo keluar dari our own reflections.... **). Juga hal yang positive dari diri kita yg perlu dipertahankan dan talenta unik kita?
3. Apa yang ingin dicapai dalam 3 tahun ke depan? (helicopter view) ( **jangan paksakan kalo belum ada, tapi lontarkan aja, spy mulai terfikir..**.)
4. Apa yg ingin dicapai sbg resolusi 2009, target2 utama (maks 7-9) ?
5. Sebutkan 1 hal support utama yg diperlukan dari mama untuk membantumu mencapai target 2009-mu di item 4 atas ?

Yg penting juga nih , ngobrolnya mesti rileks dan santai jadi sediakan waktu yg cukup (1-2 jam), kita bantu memfasilitasi proses self-reflection dari masing2 anak2/anggota keluarga kita ... nah suasananya alias ambiance mesti nyamaaann, enaakk dan ...dan biarkan proses mengalir dengan alamiah...

Coba deh, buat gue dan anak2 ini asiiik..., gue juga jadi tahu apa yg penting buat anak2 dan bisa saling bantu, jadi lebih kompak dan akrabb...mereka jadi lebih mandiri krn jadi " driver" untuk targetnya sendiri setahun kedepan.... InyaAllah benar2 manfaat dan lebih baik di banding tahun lalu! ---Teman2 coba yuuukk?

Hmmmmm segarnya udara 1 January 2009! Bismillah..

Salam lembaran baru,
Maya

Tidak ada komentar: