20090118

Let's learn from sektor rill : mie goreng seafood




Friends,

Menunggu pesanan mie goreng seafood fav klg di salah satu depot mie daerah tebet merupakan pengalaman tersendiri.. Gue ngikutin gimana mereka melayani , yang emang agak serabutan tampaknya tapi dibalik itu kelihatan benar kekompakannya..semua kelihatan turun tangan gak ada yang santai..

Maklum aja si depot ini cuma terdiri dari 7 meja yang gak pernah stop dan kosong dari customer. Ada keluarga besar ( bawa anak2 dan pembantu), ada muda mudi ( maklum sabtu sore hehe), ada seorang bapak2 sendirian ( ibu yang sendirian Cuma gue hehehe), dan kebanyakan sepasang ibu dan bapak… Nah dipojok depan ada ngantri orang2 yg pesan untuk dibawa pulang. CUkup bejibun, at least bikin gue nunggu 20 menitan lah untuk pesanan gue dilayani. Apa gue urung niat? Gak juga…karena rasanya top and yummmmyyy banget..anak gue tiara yang lagi di rumah pasti senang dna surprise deh..hehe dia gak tahu gue bawa pulang mie favnya!!

Kalo dipikir katanya jaman krisis orang susah makan, seusah hidup dan cari penghasilan, Alhamdulillah sektor riiil gini tetap jalan dan bukan hanya hidup tapi tetap lariss.. Apa spesialnya dari mereka dan gimana kita bisa belajar dari warung yg sederhana ini? Berikut bayangan gampang gue:

1. Produk – basic yaitu makanan, semua orang butuh makan dong, cuma gak itu aja- produk mereka enak yummy, dan quality gak menurun konsisten tetap prima – gak pernah gue ngerasain mie seafood seenak ini ( anak2 gue juga sependapat weenak no 1 katanya..). Praktis – mie seafood gak perlu teman lauk yg lain udah bisa dimakan gitu dan kenyang ( yg masalh diet disingkirkan dulu ya heheh)

2. Produk difersifikasi– dia punya andalan lain selain mie goreng seafood-nya, yaitu es kelapa muda…yang asli segaaar dan air liur pasti menetes sangking enaknya.. . Sebenernya dia juga punya mie2 yang lain ( mie yamin, mie pangsit, mie bakso, etc)… dan yang gak kalah enak ( dan sehat) adalah cap cay nya…wuuih enaaak oooy.. BIasanya kalo pas bulan ramadhan buka puasa dng cap cay dan es kelapa wuuiiih dah lebih dari cukup sehat, sedap enaaak…ma’ nyuss!

3. Price : reasonable banget. Gue pesen 1 porsi mie goreng seafood = yang bisa dimakan 3 orang 2x makan(siang-malam) atau 4 -5 orang sekali makan DAN 3 kelapa muda yang 1 porsinya bisa 3 gellas = berarti 3 kepala muda = 9 gelas!!, PLUS kerupuk ( makanan gue sambil nunggu pesanan, gue emang hobby krupuk hehe) === total gak sampe 50 ribu hehhe… Dengan duit 50 ribu gue udah bisa bikin anak2 gue dan gue kenyang, segar dan happy siang sampe malam hehehe….

4. Kerja keras, ulet gak bersantai ria . Gue perhatiin semua turun tangan. Bahkan kasirnya juga bersihkan meja, bantuin ambil kelapa dan bahan makanan ke tempat masak, masukin plastic, etc dan mereka gak nunggu satu sama lainnya. Semua pada mobile , kecuali tukang masak – yang juga gak pernah berhenti bekerja… Gak ada yg perintah semua dah gerak bekerja ..

5. Pelayanannya biasa aja tapi mereka tahu kebutuhan utama kita pentingnya kecepatan melayani dan gak salah menuhi order. Dari pelanggan yg segitu banyak dan pesanan yg segitu bervariasi, mereka gak salah menuhi order, dan kita tahu kapan giliran kita karena sesuai urutan pesanan…

So friends, jadilah dengan happynya gue bawa tu mie gorang seafood dan 3 kantong plastik es kelapa muda ke rumah sebagai surprise hari sabtu hehe, dan ngeriung dengan anak2 menikmati sama2 di rumah… Walhasil? Anak2 nikmati yummynya mie goreng seafood n minum es kelapa muda sampe pelempoken ( hehe itu bhs jawa yg artinya perut kekenyangan air ehhe) … gambar diatas di satu mangkok kelapa muda itu satu porsi, yg ternyata jadi 3 gelas. Nah karna gue pesan 3 porsi jadi bisa 9 gelas hehehe..udah pelempoken masih aja bersisa 1 porsi lagi kelapa muda untuk besok...hehehe yipeee....( ** hmmm 50 ribu yg bisa menghasilkan happiness yg priceless …hehe**)

Yuk kita belajar dari sector riil, dan dari siapapun di sekitar lingkungan kita dan tetap bersyukur tiap hari ..

Semoga manfaat,

Salam 50 ribu,
Maya

Tidak ada komentar: