20090119

Pendidikan Anak : 2 critical skills

Friends,

Berikut adalah ketrampilan2 yang sebaiknya para guru, pendidik dan orang tua amati yang berkaitan dengan (A) self control skills dan (B) social awareness and group participation skills.

Mengapa 2 skills ini penting?, karena ketrampilan ini adalah basis untuk ketrampilan2 yang lebih tinggi dan kritikal ---yaitu skills untuk mampu melakukan pengambilan keputusan (decision making) dan menyelesaikan suatu masalah (problem solving)- dimana bukan saja penting saat di kala sekolah tapi nanti hingga dewasa. (@ Renninger & Siegel . Handbook of Child Psychology 6th ed. 2006)

Apa aja sih persisnya 2 skills tersebut ?, dan gimana kita tahu bahwa anak didik atau anak kita sudah memiliki skills tersebut (dalam terminologi pendidikan psikologi : readiness -- sudah siap ) ?. Nah ini tanda- tanda perilakunya :

A. Self - control skills:
1. Listening carefully and accurately
2. Following direction
3. Calming oneself when upset and under stress
4. Approaching and talking to others in a socially appropriate manner

B. Social awareness and group participation skills :
1. Recognizing and eliciting trust, help, and praie from others
2. Undertanding other's perspective
3. Choosing friends wisely
4. Participating appropriately in groups
5. Giving and receiving help and criticism

Lalu gimana kalo students/anak kita belum menunjukkan perilaku di atas? Ya berarti relatif si anak belum ready sepenuhnya...Lalu apa actionnya? Nah, dengan kita mengetahui perilaku dalam list di atas maka action kita membantu mengarahkan, mengajarkan mereka untuk melatih perilaku tsb...

Contoh -- kita melihat student/anak kita kurang menunjukkan partisipasi dalam group (B no4), maka bila ada kegiatan kelompok, ajak dan support anak kita untuk aktif mau berpartisipasi -- ajak dialog agar masuk dalam pemahaman, latihkan dan contohkan seperti apa, arahkan dulu yang jelas, lalu perlahan dapat dilepaskan sesuai readiness --kesiapannya yang pada kenyataan setiap anak bisa beda kapan waktu siapnya.....dst utk perilaku yg lain dalam list tersebut....But please, please.. be natural..hehe

Semoga ini bisa jadi masukan dan manfaat bagi sekolah, pendidik dan orang tua..

Salam pendidikan,
Maya

Tidak ada komentar: