20090102

Tips : Winning Negotiations


Negosiasi dianggap semakin kritikal dan penting, sejalan dnegan semakin disadarinya bahwa untuk sukses dalam bisnis kita – sehebat apapun-- tidak mungkin mampulah jalan sendiri… Bahkan untuk semakin maju, kita perlu berpartnership dan bekerjasama dengan pihak lain ya ga’?

Nah, bila teman2 mau mengadakan negosiasi, pastilah ada persiapan2 nya – dan banyak sekali buku dan referensi yang membantu kita untuk lebih siap bernegosiasi, dan tentu memenangkan deal dengan baik .

Nih ada tips simple dan praktis banget yang bisa jadi modal teman2 – Sebagai persiapan sebelum anda bernegosiasi , tanyakan diri anda 3 hal berikut (**yg menurut gue basic but powerful! **)

1. What do you want?
2. Why should they negotiate with you?
3. What are your alternatives?

@Winning negotiations. Harvard Business School 2004

Mau diterapkan dalam negosiasi non business? Boleh dicoba….hehe pengalaman gue bisa aja koq karena cukup basic dan general, walau tergantung konteks dan tujuan-nya, alias case by case….

Menurut gue, yg juga ga’ kalah penting nya selalulah cari win-win solution, jangan mau menang/untungnya aja (win-lose), atau berkorban yg ga’ guna (lose-win) karena, kedua itu ujung2nya – tinggal tunggu waktunya --bakal lose-lose, --- percaya ga? hehe -Yah gue bisa salah, tapi begitulah hidup (** menurut gue**)…selalu berfikir yg baik untuk diri kita DAN juga buat pihak lain dan insyaALLAH kebaikan akan mengalir juga ke kita tak henti... ( yg gue istilahkan : berkahNya)…

Ok, semoga berguna !

Salam win-win,
Maya

Tidak ada komentar: