20090119

Kebahagiaan



" Suatu siang, seorang nelayan sedang duduk2 menatap laut, memandangi perahu kecilnya yang tertambat pada sauhnya dan berpikir betapa beruntungnya dia bisa duduk2 di bawah sinar matahari tanpa rasa khawatir, sambil memandangi pecahnya ombak dan menikmati ciptaan Tuhan.

Akan tetapi, lamunannya terganggu ketika seorang pedagang ikan yang kaya dengan pakaian rapi datang padanya dan membuyarkan lamunannya dengan pertanyaan yang tajam, " Mengapa kamu hanya bermalas-malasan di siang hari? Bukankah sebaiknya kamu pergi ke laut untuk mencari ikan?"

Si nelayan tersadar, lalu menjawab, " Aku sudah pergi ke laut dan aku sudah menjual ikanku di pasar. Sekarang, aku sedang bersantai di bawah sinar matahari."

" Tapi, mengapa kamu tidak berlayar dan tidak menangkap ikan lagi?" cerca pedagang itu.

"Untuk apa aku melakukannya?" jawab nelayan itu dengan sopan.

"Yah....Biar kamu dapat menghasilkan uang dua kali lipat "

"Mengapa aku harus melakukannya ?"

"Yah...Agar kamu dapat memebli perahu yang lebih besar dan lebih baik, dan menangkap ikan lebih banyak. Kau bahkan dapat mempekerjakan orang untuk menangkap ikan. Kalau kau tidak semalas ini, kau dapat memiliki sebuah perahu lagi."

Mengapa aku harus punya perahu baru dan mempekerjakan orang untuk menangkap ikan?

"Yah...Jika kamu punya sebuah perahu baru dan mempekerjakan orang untuk menangkap ikan, kau akan punya banyak uang seperti yang kau bayangkan."

" Untuk apa aku harus punya banyak uang, Tuan ?"

" Yah....Dengan banyak uang, kau bisa duduk - duduk santai di bawah sinar matahari tanpa rasa khawatir, sambil memandangi pecahnya ombak dan menikmati ciptaan Tuhan."

Morale of the story: Jadi bila kita ingin bahagia, maka berbahagialah sekarang juga. Tak perlu menunggu esok hari, tak perlu menunggu saat memiliki rumah; atau tak perlu menunggu saat memiliki mobil. Kapanpun kita ingin bahagia, maka kita bisa merasakannya. Hanya satu cara untuk bahagia, yaitu berbahagialah sekarang juga!

@Mustamir. Kaya tapi Miskin. 2008

Salam bahagia,
Maya

Tidak ada komentar: