20081216

Tips Ibu hamil, juga untuk Ayah lho!


Hi Teman2ku yang sedang menantikan kelahiran putra-putrinya, ada beberapa tips untukmu:

1. Upayakan tetap rileks dan santai. Untuk Ayah upayakan buat suasana tetap menjaga ketenangan dan kenyamanan ibu yg sedang hamil. Suasana kondisi kehamilan ibu secara psikologis menentukan kondisi kejiwaan anak yang lahir kelak. Si cantik mb Is anak kami yg pertama, saat saya hamil 8 bulan saya travel ke USA untuk berlebaran dng klg di sana. Sekarang tau ga' hobinya si mbak Is , ya jalan-jalan....hehehe. Si kecil Ade beda lagi. Dan, itu kurang lebih ada pengaruhnya saat ibu hamil.

2. Sering putarkan musik2 classic dan lagu2 yg indah, atau bagi yg Islam suara ngaji AlQuar'an. Bahkan saat masih di dalam kandungan sebenarnya anak sudah mulai "belajar" dari lingkungan "luar" perut ibu. Anak saya sangat mudah sekali menerima musik2, suara2, terkesan sudah familiar dengan apa yang saya putarkan dan perkenalkan sejak saat saya hamil

3. Bagi Ayah (yg beragama Islam) gue anjurkan puasa senin kamis selama kehamilan ibu dehh.. -- tentu sekuatnyalah. Itu yang dilakukan ayah saya almarhum, saat ibu saya sedang hamil saya. Membuat saya sangat dekat sekali dengan kegiatan puasa dan yg berbau2 Agama, Mesjid.. hehe. Sejak SMP saya sudah hobi senin-kamis atas kemauan saya sendiri (ga' ingat dari mana nyontoh siapa tuh..hehe). Sampai waktu itu ibu saya dipanggil oleh pihak sekolah karena diduga memaksakan diri saya untuk berpuasa senin kamis melulu, yg tentu mereka salah sasaran lah, bukan "salah"ibu'-ku kok hehe. Wong sayanya yg mau...dari mana dapet ide dan keinginan itu? Dari Allah swt? tentu-lah.. Saya menduga ada hubungannya dengan rajinnya Ayah saya puasa senin-kamis saat saya di dalam kandungan ibu dan jadi berkahnya ke saya, alhamdulillah. . (beruntung banget gue ya hahaa...makasih my mom and dad!!makasih Tuhan..hehe) . Agama apapun, intinya-- dekatkan diri dng Tuhan dan perbanyak beribadah karena itu saya yakin akan membawa berkah buat anak yg dikandung.. Wallahualam.

4. Rajin jalan pagi, terutama di masa2 3 bulan terakhir menjelang persalinan. Sehingga memperlancar seluruh otot dlsb untuk proses persalinana normal. Senam hamil juga dianjurkan terutama melatih pernafasan saat hamil besar ( sesak) dan untuk proses persalinan. Alhamdulillah dua anak saya lahir dng proses alamiah..

5. Libatkan si kakak untuk mempersiapkan kehadiran si adik. Banyak kegiatan yg bisa dilakukan bersama-sama. kalo si kakak sudah berusia 3 tahun ke atas saat adik lahir, maka mulai bisa diberi tanggung jawab yg sederhana untuk ikut serta mengasuh adik yang bisa dipersiapkan sebelum adiknya "tiba"...sambil sama2 mempersiapkan supaya kakak ngerti apa yang perlu dilakukan untuk adiknya. Ini juga merangsang rasa tanggung jawab kaakk kepada adiknya. But ingat: lakukan dengan fun!

Semoga manfaat dan selamat menikmati saat2 kehamilan yg membahagiakan..

Salam cinta ibu,
Maya

Tidak ada komentar: