20081221

ASI - Jebakan Batman!


Duh tu' bayi pasti ingin menyusui ibunya...hmmm jadi ingat masa2 dulu...

Hi teman, gue anjurkan bener2 yg akan melahirkan atau punya bayi, susuilah bayi anda eksklusif 4 bulan ( tanpa tambahan ) dan terus susui sampai 2 tahun.. Kedua anak gue alhamdulillah 4 bulan pertama dapet ASI eksklusif dan yang gede nyusui sampe 2,5 tahun, dan yg kecil nyusui sampe 3 tahun-an hehehe...Padahal gue kerja hehe, bisa aja tuh di-siasati, gini deh tips-nya:

1. semangat 45 berkobar untuk nyusui bayi kita, kalau ada keinginan ada jalan. bener deh. hormon happiness dan seneng akan bantu kelenjar2 susu untuk produksi lebih banyak...heheh jangan tanya teori mana hehe... dari mayasoeharto. blogspot.com hehe. Bener deh, ini yg penting no 1. persiapan dan semangat untuk menyusui bayi anda, ok!

2. bagi yang melahirkan natural, segera-lah minta bayi anda menyusui anda. Kedua anak gue masih di ruang bersalin, setelah di adzanin, lalu gue ambil taruh di dada dan nyusui gue..wuuihh rasanya luar biasa bahagiaaa deh. Si bayi akan dapa kolostrom yg penting banget untuk pertahan tubuhnya dari alergi, dan perkuat daya tahan tubuh jadi tameng sampe dia besar.

3. terus bayi menyusui anda, terutama di minggu2 pertama kelahiran. Awas jebakan batman! Di awal ada kesan produksi ASI sedikit... teruskan aja si bayi untuk menetek anda. Cara kerjanya spt restoran. Jangan stop nyusu krn anggapan gak keluar ASI. Isapan bayi seperti order makanan untuk restoran ( payudara ibu), jadi tentu semakin di oder semakin banyak.. Dan si restoran perlu memproses untuk mengetahui berapa banyak order2 itu. Nah, disinilah jebakan batman-nya. Kalo kita stop si bayi nyusu ibu, maka sama aja order stop, padahal si resto lagi berproses. Kalo bayi terus nyusu walau keluar ASI masih belum banyak, maka ngirim sinyal untuk orderrr terusss....nah jangan heran kalo si bayi rajin mimik ibunya terusss di awal2 minggu..terus aja, maka di akhir minggu kedua or ketiga...produksi ASI akan melimpah ruahhhhhh....( ** sampe bisa kenceng sakit krn full** hehe, ya gak? )

4. Bila bayi bobo, ibu ikut istirahat supaya badan ibu tetap fit dan happy shg ASI mengaliiirrr...

5. Jangan khawatir gerak aktivitas ibu akan terhambat dengan menyusui. Emang 1-2 tahun pertama ibu perlu banget lebih merhatikan bayinya. Itu saat2 si bayi peak2nya untuk tumbuh, berkembang, dam butuh banget kasih sayang ibu. Kalo resep gue pada waktu itu, adalah " ngek-cep"...ASI gak gue jadwalin, ya krn gue percaya secara natural kalo si cantik ingin mimik ya berarti dia butuh, ya gue respon. Gue sangat percaya Allah berikan anugerah luar biasa dan secara alamiah/natural adalah yg terbaik. Menyusui, akan mempercepat proses pemulihan segala macam organ tubuh kewanitaan ibu hingga bisa pulih dengan lebih cepat dan baik. Nah ini satu lagi anugerah Allah, secara alamiah dan natural kita sudah diberi banyak kasih sayangNYa..

6. Ibu bekerja gimana? bisa kok alhamdulillah. Memang x-tra effort dikit lah tapi hasilnya luaarrr biasa berkah berlipat ganda. Gue niat benar memberikan ASI ke 2 angels gue secara sempurna dan lengkap, selain kewajiban sebagai ibu muslim, juga karena gue menyadari bahwa gue kerja dan ingin anak2 gue dekaat ama gue ( bukan lebih dekat dng baby sitter, seperti banyak cerita temen2gue yg kalang kabut begitu suster pulang kampung karena bayinya kangen ama suster..). 4 bulan pertama dua anak gue mondar mandir ke kantor untuk nyusu gue tiap break, yess everyday! Plus, tiap malam bngun khusus untuk ngepompa susu supaya ada persediaan selama gue di kantor. Di kantor-pun ngepompa supaya persediaan untuk di rumah. Nah supaya hasil pompa banyak bawalah foto si bayi anda, nah...rasa cinta itu membuat ASI jadi ngocor...gak percaya? coba deh...hehe

7. Ibu banyak2 makan yg bergizi. Gue dimana2 ada sayur2 an, buah2 an, x-tra daging, katuk, etc spy kualitas ASI anda prima. Gue jauh lebih gendut saat abis melahirkan dibanding hamil. Karena niat gue untuk kasih yg terbaik buat si cantik2 gue tercinta. Saat hamil aku masih berpuasa (wajib = ramadhan ), tapi begitu menyusui memilih bayar fidyah.

8. Enaknya ASI dari Susu Kaleng? Ada lagi, selain tahan akan serangan alergi.. Kalo bayi ekslusif ASI dalm 4 bulan pertama mau mpup berapa kali dan warnanya apa dlsb, santai aja...Tapi hati2 kalo minum susu kaleng...mesti dihitung brp kali, dilihat warna dan baunya, karena gak tentu kadang cocok kadang gak cocok dng merk tertentu susu kaleng. Memang 4-6 bulan pertama usus bayi masih sangat sensitif dan rentan, mangkanya yg oas ya dari ASI bukan dari sapi ( kaleng) hehe

9. Jangan khawatir dengan gejala baby blues, suatu perasaan down/low seorang ibu yg baru melahirkan akibat hormon progresteron yg drop ( krn sudah melahirkan). Itu alamiah saja, lewati secara tenang, cukup rest, dan peluk, susui, sayangi bayi anda ...dan anda akan merasakan kebahagiaan yang ruarrrr biasaa.....hehe

Enjoy, semoga bisa jadi input yang bermanfaat

Salam semangat ASI,
Maya

2 komentar:

Unknown mengatakan...

....( ** sampe bisa kenceng sakit krn full** hehe, ya gak? )
klo seperti ini, ada resep mujarab yaitu lumuri dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula jawa (seperti isi kelepon)

Maya Soeharto mengatakan...

Hi albenia, makasih atas sharing resepnya..emang sering tuh utk ibu menyusui terasa kenceng sakit krn full...tahnk2 banget...sering2 sharing ya! salam,