20081225

Kematian, ada Hikmahnya?

Teman2, kemaren saya ngobrol santai dengan salah satu rekan kerja di kantor, beliau bercerita tentang salah satu family dekatnya yang sedang mengalami sakit berat di ICU dan saat ini sudah koma... kurang lebih penyakitnya persis yg dialami oleh almarhum ayah saya..

Bicara tentang kematian, memang bukan sesuatu yg enak untuk dibicarakan, dan kerap membuat mata menjadi basah (**walau tidak sampe nangis nyata**). Dalam pembicaraan gue dengan teman gue itu, kita berdua sepakat bahwa kematian adalah sebuah keniscayaan ( kepastian= sesuatu yg pasti terjadi, sesuai janji Tuhan YME..). Pertanyaannya bukan masalah "waktu kematian" karena hanya DIA yg Maha Tahu kapan kita meninggal, tapi " apa yg sudah disiapkan untuk bekal kita di saat itu tiba..?" Hmmm perlu dicermati bagi kita semua termasuk gue, keluarga dan kerabat yang masih diberi kesempatan TUHAN menghirup udara ini...

Lebih jauh lagi, dibalik kematian -- (seperti dalam ajaran Al-Quran)--, ada banyak manfaat yg bisa diambil kita, --at least itu yg gue rasakan-- (kudu) pake mindset : mempersiapkan bekal akhirat. Apa aja hikmah dan manfaatnya? Nah ni gue sharing - hasil pengalaman real gue, dikombinasi cerita teman2.

1. Dari perilaku org beriman yg hendak meninggal, bagaimana beliau2 memanfaatkan waktu hanya untuk beribadah dan mengisi sisa waktu yg ada-- semaksimal mungkin untuk tetap manfaat dan beribadah - even in the last minutes.. menunjukkan betapa berharganya waktu!..(sementara kita/gue sekarang gimana tuh ya? hehe)

2.
Beliau mengajarkan kami apa yg terjadi di saat-saat dan detik-detik "kepindahan beliau ke alam yg lebih sempurna itu"... tuk kami/gue pelajari, ambil hikmah dan trus terang bener2 suatu pembelajaran dan contoh buat gue, asli. Baik untuk sat itu, hari ini hingga giliran gue tiba...

3. Membuat gue lebih semangat untuk beribadah, dan jadi salah satu trigger kuat gue membuat BLOG ini : yaitu Untuk Ibadah kepadaNYA, semata. Trus terang gue takut kalo nanti waktunya tiba dan gue diminta pertanggungjawaban olehNYA gue belum bisa jawab pertanyaan..: " Hi Maya, kamu sudah diberi anugerah banyak oleh ALLAH, SWT: kesehatan, keluarga, kepandaian, ilmu yg banyak dari di Universitas2 baik, di MIT, pengalaman kerja selama itu, pembelajaran2 dan hikmah yg diberikan ALLAH selama hidupmu didalam kepalamu, hatimu, tubuhmu, lalu apa yg kamu sudah berikan balik ke masyarakat dan orang lain?...." hhhh...ini semua titipanNYA...ilmu dan semua yg ada di gue adalah milikNYA, berarti gue harus balikkan ke DIA dengan cara sharing ke teman2 semua agar manfaat untuk sesama .. Maka terciptalah BLOG ini, sebuah Niat-an tunggal gue untuk Ibadah yg secara tersurat maupun tersirat tertulis dalam artikel pertama di blog ini: " Selamat Datang di Blog Saya". Mudah2an artikel2 gue ini ada manfaat buat teman2 semua, sekecil apapun-- itu harapan tulus gue. Dan kenapa gue mohon teman2 kasih input/ post comment, krn gue ingin tahu apakah ada lagi yg teman2 butuhkan gue mungkin bisa sharing bikin artikel lain.....dan gue juga ingin belajar dari elo semua, boleh khan?

4. Gue belajar bahwa kematian itu tidak semata menakutkan, yang gue dulu cenderung gak tertarik diskusi satu ini. Tapi bisa menjadi sebuah hal yg menyenangkan (** hihihi....asli betul membalik-kan mind-set gue...hhh gue sendiri gak percaya bisa berubah gini...**) dan sesuatu yg bisa mengantarkan kita ke kebahagiaan yg ruarrrr biasaaa... Semuanya ( jelas menurut agama) tergantung apa yg gue lakukan di dunia tentunya.. Nah, ingat gini jadi gue boleh ya sekalian minta maaf pada elo teman2 gue semua apabila gue ada salah2 kata, kelakuan etc etc mulai dari waktu sekolah, kuliah, kerja...dan saudara2 kerabat gue tercinta semuaa...maafkan gue yang pasti banyak kelemahan dan kesalahan ( hikhikhik...serius ya teman2, sahabat2, team gue, saudara2) bisa jadi aku gak maksud tapi teman2 terusik or sakit hati misalnya.. maafkan dari hati gue yg terdalam..).

5. Bersyukur dengan apa yang ada yang terjadi walau itu seberat apapun kita rasakan. .Gak mudah "ditinggal " yg tercinta ( hh..liat itu digambar salah satu cucu opa - de' Alel - yg begitu cinta dng opa...** tears..tears**). Pengalaman gue, dengan bersyukur dan sabar , bantuan dan hikmah DIA InsyaAllah akan mengaliiir derassss...dari arah yg tidak disangka-sangka. Walau gue tetap harus belajar terus untuk tetap sabar dan beryukur ( I am only human being, banyak kelemahan gue..)

6. Kalo teman2 perhatikan, gue menggunakan istilah "berpindah ke Alam yg lebih sempurna di sisiNYA". Karena, sesuai dengan ajaran agama gue, bahwa kematian itu sejatinya adalah berpindah alam, yaitu alam yg ke-3. Lho Alam lainnya? Alam-1 adalah saat di dalam kandungan ibu; Alam-2 adalah di dunia, spt kita yang masih hidup ini ; Alam ke -3 Alam barzah/ kubur penantian; Alam 4 : akhirat tempat keabadian... Semakin berpindah semakin sempurna, hingga ultimate Alam 4. Untuk apa tahu ini ? Mengajarkan ke gue bahwa jangan takut dengan " berpindah alam" takutlah hanya pada Tuhan dan takut akan bekal yg kurang.....( hhhh... ini sesuatu yg gue masih harusss kudu banyak lengkapi...hhh..)

7. Hikmah lain, lebih fokus pada apa yg ingin dicapai dalam hidup ini....tetap kita perlu perhatikan kebahagiaan di dunia, karena "hanya" disinilah kesempatan kita menanam untuk dipetik di alam akhirat. Dengan bahagia di dunia, InsyaALAH diharapkan kita akan lebih all out ( fisik, mental, spiritual) untuk beribadah dalama rangka akhirat kita...Amin. Wallahualam

Semoga kerabat teman saya yg saat ini masih dirawat di ICU mendapat kemudahan yg terbaik dari ALLAH swt. Doa saya teriring untuk beliau, juga untuk teman saya dan keluarganya...Amin.

Semoga bisa jadi manfaat buat kita semua.

Salam bekal akhirat,
Maya

Tidak ada komentar: