20081221

from MALL to SUSHI, sebuah rekonsiliasi




( haa? Apa maksudnya from Mall to Sushi…hehe. Ga’ make sense ya ? hehe Baca deh ni, cerita lengkapnya…enjoy !)

Hi teman, mau denger gak hasil diskusi gue with my 2 angels soal “ Mall” hehehe….Seperti yg teman ketahui, kalo pada kebetulan ngikutin—awalnya khan gue punya usul pidahin Mall ke Rumah sebagai Tips Libur Berhemat ( artikel 6/12/08) , Eeeh ternyata my 2 angels punya pandangan lain.. Jadilah mereka kirim serangan surat”cinta” ke gue ( lihat Artikel “ Why we Love Mall, a letter from my angels 8/12/08), yang kemudian ditanggapi oleh dua pembaca, masNathan ( lihat komen thd artikel 8/12/08), dan juga masLudin (via email 8/12/08) , hehe

Nah berdasar semua itu jadilah kami bertiga beruding hehe…seperti konferensi meja bundar huhahaa yak –yao banget ( wong meja makan kita kotak ko'). Cukup seru…gue dengerin pandangan2 anak2 gue yaaang…ada banyak benernya sih, walau kadang gue gak setuju juga, dan mereka juga dengerin gue. . Tapi kebanyakan gue memfasilitasi pemikiran2 yg ada dan berusaha cari kesepakatan hihihiii…(**gini aja pake kesepakatan ya heheh**).. Awalnya gue pikir ah soal “Mall” kecil-lah…ehhh ternyata cukup berarti buat mereka hehehe…dan mereka nyampein pandangannya yg ngalir ( ** nyerocos ..hehe**) laksana air bah, gue sampe kewalahan ngingetnya hehe, dengan ekspresi yg berapi-api semangat 45..hehe

Alhamdulillah, ada beberapa kesepakatan menarik ( **gue akui gue juga belajar hal baru dari mereka hehe..**)

1. Mall bukan mencari happiness. Anak gue mengatakan bahwa Mall bukan tempat buat mencari happiness – dan bukan rumah ( yipeee…gue senang…). Pada dasarnya, bahasa gampangnya nih , kita ke Mall untuk variasi aja, ambiance yg beda, supaya gak bosen, khan sudah seharian 24 jam 7 hari di rumah hehehe…Lalu ada option lain, ketempat lain selain Mall? Tanya gue, yg lalu dijawab anak2: "Ke Perpus? weekend tutup, ke sekolah tutup. Ke tokobuku-- ada di mall hehe, Ke museum – ( mrk udah gue ajak hampir ke semua museum dah sejak kecil)—"museum adalah sesuatu yg nonprogresif things ( haha istilah apa ya **)—gak ada yg hal yg baru, gak ada daya tarik untuk balik kesana lagi…"(**hmm iya ya… input buat pengelola Museum! hehehe**)

2. Mahal karena belanja. Yang bikin mahal itu kalo ke Mall kita suka belanja terus, pernah lho ke Mall gak belanja

3. Self –test. Setuju dengan pendapat "mall" bahwa sekaligus menguji seberapa sih control diri kita untuk gak asal beli, dan hanya beli apabila emang pokok dan perlu.

4. Kalo ke Mall tetap ingat yg wajib. Misalnya sholat, belajar, etc. Alhamdulillah anak gue ternyata berusaha sholat dulu, atau ke musholanya.

5. Holistic person. Nah ini yang berat hihi…Katanya supaya mereka tahu segala macam, , termasuk yg trend, memiliki beraneka ragam pengalaman, tahu berbagai macam rupa orang, berbagai produk yg lagi trend, supaya gak ketinggalan jaman kalo ngobrol dng orang lain/teman2..hmmm…iya sih gue ngerti bahwa ini penting buat mereka tapi gue belum setuju bahwa ini pokok. Hehe..

6. Ada nilai pendidikannya juga. ( wah anak2 gue tahu kalo mysoft-spot soal pendidikan hehe). Lalu gue tanya apa pendidikan : Ada toko buku, ada Yamaha music, aku bisa observasi “buying behavior, dalam masa resesi” ( wuiih canggih amat nih anak gue hehe), bisa ngamati kalo mau kerja partime di plaza ( duh’ sampe gitu ya..hhe).

7. Tempat anak2 bisa nge-date dengan teman2 rame2 or her boyfriend (hayoo..'tu yg satu ini gue dah buat juklak khusus tuk anak2 gue..hehehe, alhamdulillah diikuti hehe) , bisa nonton film dan “ the preparation “ untuk pergi aja sudah bikin mereka excited and happy ( hmm…hehe)

8. Tempat yang bisa bikin ibu dan anak2nya happy bersama...anak2 gue setuju banget. Disini gue belum 100% sepakat, karena menurut gue banyak Ortu yg ke mal dengan anak2nya, malah gak merhatiin anak2nya. Yg dewasa sibuk kemana , anaknya kemana hehe…Anak guesi pintar lalu nanya balik ke gue: “yg menurut mama merhatiin itu gimana?” lalu dia berusaha jelaskan pengertian dia dan yg dia liaht di Mall… Hehehe pintar doi! Ya udah mungkin gue yg harus lebih observe ke Mall , hehe jadi kalo teman2 liht gue ke Mall bisa jadi berarti gue lagi coba ngamatin OT di mall itu gimana dengan anaknya hehehe…

Nah, dari diskusi asik dan perundingan terbatas ini hehe , keluarlah tips hemat ke Mall yang disepakati bersama ( huahaaaa…) :
1. Budget. Dari rumah bawa uang terbatas dna tentukan cuma segini budget dan gak lewat dari itu.
2. Kalo beli, hanya utk yg pokok : urusan sekolah dan makan (pokok)
3. Sebulan maksimal 3-4 kali
4. Sebelum berangkat, di rumah makan dan sholat dulu
5. Ke Mall waktunya di pas-kan dengan saat kita perlu belanja pokok kebutuhan rumah

Satu lagi, sepakat bahwa Mall bisa pindah ke rumah kalo di rumah ada:
SUSHI!!!! ( hehe akhirnya simple banget yaa...hahaha) . Sushi adalah makanan terrr- favorite anak2 gue (termasuk emaknya)..hehe, nyam, nyam nyam.....

Hehehe…ok friends, begitulah hasil rekonsiliasi gue and anak2, mau sharing mudah2an ada manfaat..

Salam sushi,
Maya

Tidak ada komentar: