20081231

Zaru Udon/Soba/Cha-Soba @ by My Iris



Apa sih itu sebenarnya?

Zaru itu menunjukan bahwa makannan itu dalam keadaan dingin, sementara udon, soba maupun cha soba adalah jenis makanannya. Udon (yang paling kanan) adalah mi jepang yang terbuat dari wheat flour dan berwarna putih. Soba terbuat dari buckwheat flour dan biasanya berwarna abu-abu kecoklatan sementara cha-soba berwarna hijau (yang tengah) dan diberi rasa green tea powder dalam pembuatannya. Mi yang disebutin di atas termasuk mi yang menyehatkan dan tidak bikin gemuk (kecuali makannya keterlaluan ya..hehehe)

Zaru Udon/Soba/Cha-Soba ini dimakan dengan saosnya yang berwarna hitam (paling kiri), hampir seperti shoyu namun rasanya agak beda… keduanya dapat dibeli di supermarket jepang atau ranch market(terkadang ada -- gak maksud promosi lho..). Bilang saja minta saus untuk zaru soba atau mi kering udon/soba/cha-soba.

Harganya kira2 30-50rb untuk mi nya dan 40rb untuk sausnya. Meskipun kalo digabungin emang mahal, tapi jauh lebih murah dibandingkan sushi tei ( yang doyan japanese food pasti tau deh..) 1 porsi kurang lebih 44rb-an. Note: satu bungkus mi yang diatas bisa untuk bikin kurang lebih 3 kali porsi sushi tei lho

Gimana cara masaknya?

Cara masaknya:
rebus air sampai medidih, lalu masukkan mi kedalamnya.
Lalu rasakan sampai mi-nya mencapai kelembutan yang diinginkan.
Tiriskan dan cuci di air yang mengalir (mentah gpp).
Lalu setelah panasnya menghilang, rendam di air dingin(matang, e.g. aqua) setelah 1 menit maka tiriskan.
Step ini dapat diulang2 sampai mi menjadi dingin. Lalu sajikan ke mangkuk, berilah es batu supaya mi tetap dingin.
Tuang saus secukupnya ke mangkuk kecil, hidangkan.

Cara makannya: Ambil mi sedikit2 lalu celupkan ke dalam mangkuk isi saus, lalu makan. (enaaaaaaaaak!)

semoga bermanfaat:)

Iris

Tidak ada komentar: